Mohon tunggu...
Ika Septi
Ika Septi Mohon Tunggu... Lainnya - Lainnya

Gabut mania.

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Mau Kulit Sehat dan Terlindungi, Ini Rekomendasi Sunscreen Saya!

3 Oktober 2022   18:58 Diperbarui: 3 Oktober 2022   19:07 207 26 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sunscreen Azarine|Dokumen pribadi

Kalau ngomongin tabir surya atau sunscreen jadi inget zaman kulit wajah meletek bagai tanah di musim kemarau nan panjang, tanpa air, tanpa hujan, dan tanpa kamu,  kering kerontang!

Ya, saat masih unyuk-unyuk saya pernah disetor ke dodik secata rindam 3 Siliwangi di Pangalengan untuk pelatihan bela negara.  Ish ish ish, Pak Prabs, mohon dicatet yak.

Pangalengan, biar hawanya dingin nan sejuk tapi bila siang hari mataharinya mencorot sekali dan menusuk-nusuk kalbu kulit.  Dan yang menjadi sasaran keberlimpahan sinar matahari, ya apalagi kalau bukan kulit sekitar wajah.  Wajah berkerak, bibir mengelupas.

Dulu, boro-boro kepikiran pakai sunscreen, belum kenal dengan segala bentuk skinker.  Pokoknya kalah deh dengan Pak Komandan yang rajin mengoleskan lip gloss ke bibirnya sebelum apel siang dimulai.

Nah, setelah bekerja, baru deh ya mulai melirik segala bentuk perawatan wajah.  Tapi, lagi-lagi, sunscreen dianak tirikan.  Saya pikir sudah pakai pelembab ber-SPF buat apalagi memakai tabir surya, ya kan?

Tapi Fernando, ternyata sunscreen itu sangat perlu loh.  Buat apa coba?

Sini saya teriakin.

Sunscreen dapat melindungi kulit dari pancaran sinar matahari.  Iya dong, kalau pancaran sinar petromax nanti malah nyanyi "Dateng di kampus bawa buku tebel-tebel."

Sinar matahari atau yellow dwarf star, cie, terdiri dari dua jenis yaitu UVA dan UVB.  Bila UVA dapat merusak kulit melalui tanda-tanda penuaan dini maka sinar UVB dapat menyebabkan rasa perih dan terbakar serta dapat membuat kulit belang-belang bagai bulunya Marty si kuda zebra Madagascar.  

Parahnya untuk jangka panjang, paparan sinar UVB ini dapat menyebabkan kanker kulit.  Nah, fungsi sunscreen itu untuk melindungi kulit dari hal-hal kurang asyem seperti di atas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan