Mohon tunggu...
KOMENTAR
Beauty Pilihan

Mau Kulit Sehat dan Terlindungi, Ini Rekomendasi Sunscreen Saya!

3 Oktober 2022   18:58 Diperbarui: 3 Oktober 2022   19:07 230 26

Kalau ngomongin tabir surya atau sunscreen jadi inget zaman kulit wajah meletek bagai tanah di musim kemarau nan panjang, tanpa air, tanpa hujan, dan tanpa kamu,  kering kerontang!

Ya, saat masih unyuk-unyuk saya pernah disetor ke dodik secata rindam 3 Siliwangi di Pangalengan untuk pelatihan bela negara.  Ish ish ish, Pak Prabs, mohon dicatet yak.

Pangalengan, biar hawanya dingin nan sejuk tapi bila siang hari mataharinya mencorot sekali dan menusuk-nusuk kalbu kulit.  Dan yang menjadi sasaran keberlimpahan sinar matahari, ya apalagi kalau bukan kulit sekitar wajah.  Wajah berkerak, bibir mengelupas.

Dulu, boro-boro kepikiran pakai sunscreen, belum kenal dengan segala bentuk skinker.  Pokoknya kalah deh dengan Pak Komandan yang rajin mengoleskan lip gloss ke bibirnya sebelum apel siang dimulai.

Nah, setelah bekerja, baru deh ya mulai melirik segala bentuk perawatan wajah.  Tapi, lagi-lagi, sunscreen dianak tirikan.  Saya pikir sudah pakai pelembab ber-SPF buat apalagi memakai tabir surya, ya kan?

Tapi Fernando, ternyata sunscreen itu sangat perlu loh.  Buat apa coba?

Sini saya teriakin.

Sunscreen dapat melindungi kulit dari pancaran sinar matahari.  Iya dong, kalau pancaran sinar petromax nanti malah nyanyi "Dateng di kampus bawa buku tebel-tebel."

Sinar matahari atau yellow dwarf star, cie, terdiri dari dua jenis yaitu UVA dan UVB.  Bila UVA dapat merusak kulit melalui tanda-tanda penuaan dini maka sinar UVB dapat menyebabkan rasa perih dan terbakar serta dapat membuat kulit belang-belang bagai bulunya Marty si kuda zebra Madagascar.  

Parahnya untuk jangka panjang, paparan sinar UVB ini dapat menyebabkan kanker kulit.  Nah, fungsi sunscreen itu untuk melindungi kulit dari hal-hal kurang asyem seperti di atas.

Sunscreen yang saya gunakan untuk pertama kali datang dari produk MLM.  Iyalah, kan jadi member, ahahahay.  Sambil mrospek calon downline, tuponya beli produk buat diri sendiri.

Satu tube, gak habis-habis, lha wong dipakainya cuma sekali-kali doang.  Sunscreen merek ini sangat pekat, agak lama menyerap ke kulit.  Sampai tanggal kadaluarsanya, dirinya masih menyisakan kenangan setengah bagian isinya.

Setelah berabad-abad gak sadar-sadar, kini kesadaran saya akan pentingnya sunscreen pun kembali.  Produk yang saya gunakan adalah  sunscreen lokal bermerek Azarine yang brand ambassadornya Oppa Lee Min Ho.

Saya memakai varian Azarine Hydramax-C Sunscreen Serum SPF 50 PA ++++

Wadidiw, itu pleus banyak bingits ya.  Lha iyes,  soalnya kalau min kan sudah diwakili Oppa Lee Min Ho.

Oh iya, bila SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor maka PA merupakan istilah sistem penilaian dari Jepang yang diadaptasi dari metode Persistent Pigment Darkening (PPD).  Sistem peringkat PA ini terdiri dari +, ++, +++, dan +++++.

SPF sendiri merupakan bentuk perlindungan dari UVB, sedangkan PA dari UVA.

Azerine Hydramax-C Sunsreen Serum dengan SPF 50 PA ++++ ini memiliki proteksi tinggi dari sinar UVB dan UVA. SPF 50 memberi perlindungan sebesar 98% di mana ada 3 photons yang dapat menembus kulit. Hohoho, gaya banget yak saya ngomongin phutan-photon padahal taunya cuma tronton Optimus Prime.

Akan halnya PA ++++ menunjukkan perlindungan dari UVA enam belas kali lebih besar dibanding tidak memakai sunscreen.

Menurut para ahli, 1 SPF dapat melindungi kulit selama 15 menit, maka SPF 50, kulit dapat terlindungi selama kurleb 8 jam-an.

Azarine Hydramax ini berbentuk gel dan mudah sekali menyerap ke kulit, gak ada sensasi lengket-lengket kayak perangkonya, dan gak meninggalkan white cast.

Kandungan dari sunscreen ini level dewa banget seperti memiliki 13 bahan aktif yang membantu mencerahkan kulit, menghidrasi kulit, dan menjaga skin barrier.

Kandungan vitamin C-nya dapat menjadi booster perlindungan sinar ultraviolet.  Selain vitamin C, Azarine pun memiliki kandungan vitamin E.  Nah, kolaborasi keduanya berperan sebagai anti oksidan dan photo protection.

Tak hanya jenis kulit kering seperti saya yang cocok menggunakan Azarine, namun semua jenis kulit dapat menggunakan sunscreen yang juga dapat melindungi dari paparan radiasi sinar blue light ini.

Azarine aman bagi kulit karena bebas silikon, paraben, fragrance, alkohol, dan non comedogenic alias tidak berpotensi menyumbat pori-pori.

Bagaimana mengaplikasikan sunscreen yang baik dan benar?

Cukup dengan mengoleskan pada wajah memakai dua jari secara merata setelah pelembab dan sebelum mengaplikasikan make up.  Sunscreen sebaiknya dioleskan dengan rentang waktu 15-20 menit sebelum aktivitas luar ruangan.

Untuk hasil yang maksimal, ada baiknya untuk mengulangi atau re-apply produk sunscreen selama beberapa jam sekali.

Jadi bagaimana, mau memiliki kulit sehat menawan dan se-kinclong, glowing, shining, stunning, shimmering a la Oppa Lee Min Ho?

Kalau saya sih, yoyoy!


Sekian.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun