Mohon tunggu...
Ika Septi
Ika Septi Mohon Tunggu... Lainnya - Lainnya

penyuka musik, buku, film dan kerajinan tangan.

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Harmonika Membuat Lagu-lagu Rock Ini Terdengar Menyenangkan di Telinga

5 Oktober 2021   22:01 Diperbarui: 5 Oktober 2021   22:55 913 33 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Steven Tyler|Sumber gambar : Aerosmith-Twitter

Bila mendengarkan lagu yang diselipi bebunyian dari alat musik bernama harmonika, pikiran saya langsung melayang ke masa lalu.

Ya, dulu saya memiliki alat musik melodis ini pemberian dari siapa ya lupa lagi, haha,  namun hanya dipandangi saja karena tidak bisa memainkannya.  

Bila sekilas melihat bendanya yang kecil dan imut, terlihat mudah memainkan alat musik yang asalnya dari Tiongkok bernama Sheng itu, namun nyatanya susah sekali bagi saya yang buta nada.  Alat musik berbentuk kecil ini mudah dibawa-bawa namun sulit untuk dikuasai.

Harmonika yang dimainkan dengan cara dihisap dan ditiup ini memiliki suara khas dan bisa dimainkan untuk berbagai jenis genre musik seperti blues, pop, rock, country, ska, klasik, folk, jazz, dan lain sebagainya.

Harmonika modern diciptakan oleh Christian Friedrich Ludwig Buschmann pada tahun 1821 lalu disempurnakan oleh Joseph Richter.  Nada yang dikembangkan oleh Richter di kemudian hari dikenal sebagai nada diatonis yang merupakan nada standar harmonika.

Matthias Hohner adalah orang pertama yang memproduksi alat musik yang sumber bunyinya berupa pelat getar (reed) yang dipasangkan pada piring pelat getar (reedplate) secara masal.  

Kini Hohner menjadi produsen nomor satu alat musik ini dan telah memproduksi 90 model harmonika.  

Amerika merupakan pasar terbesar harmonika sejak dulu.  Alat musik ini menjadi media penghiburan bagi para tentara yang tengah berada di medan perang.  

Dua tokoh fenomenal sekelas Wyat Earp dan  Billy The Kid pun kerap memainkannya, hal ini lah yang kemudian membuat harmonika digadang-gadang menjadi salah satu pembentuk lanskap musik Amerika.

Walaupun harmonika berbentuk kecil dan ringan namun ia dapat menghasilkan sebuah kekuatan besar pada sebuah lagu dan musik rock adalah salah satu genre yang dapat membuktikannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Musik Selengkapnya
Lihat Musik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan