Mohon tunggu...
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi Mohon Tunggu... IT student in Darul Ulum University, Jombang

1 th Writter & Website Administrator at Okebis.com. || 2 th Manager Marketing at Al Azhar Arabic and English Academy. || 3 th Freelancer Website Developer, IT Education, & System Analyst at Himma Edukasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Wisata Edukasi Kampung Arab Pare Memulai Era New Normal

14 Agustus 2020   08:58 Diperbarui: 14 Agustus 2020   09:14 26 1 0 Mohon Tunggu...

Era New Normal telah dimulai dimana-mana. Indonesia sampai pada langkah signifikan dalam menghadapi virus corona yang selama ini meresahkan masyarakat . Kebanyakan orang telah menerapkan hidup era new normal dengan tetap berpatok  pada protokol kesehatan yang telah ada. 

Sama halnya di kampung arab pare, di kawasan kompleks pelajar yang terletak di Pare kota Kediri tersebut memiliki berbagai lembaa kursus bahasa dengan keunikan masing-masing. 

Kawasan ini memiliki tingkat ekonomi yang cukup baik di banding dengan daerah lainnya di kota yang sama. Namun sejak adanya pandemi virus corona, banyak orang kehilangan mata pencahariannya. Para pemilik lembaga kursus  banyak yang memilih untuk fakum, bahkan gulung tikar. 

Penduduk setempat yang memiliki berbagau usaha seperti rental sepeda, rental motor, laundry, rumah makan, toko oleh-oleh terpaksa menutup usahanya selama pandemi karena semua perantau yang ada di wisata edukasi kampung Arab Pare terpaksa dipulangkan ke rumah masing-masing. Berbagai usaha dari pihak masyarakat dan pihak pemerintah telah banyak dilakukan demi  kembalinya kampung arab sebagai kawasan edukasi bahasa Arab di Jawa Timur. 

Masyarakat setempat menyambut gembira kembalinya kampung Arab sebagai kawasa wisata edukasi. Pihak lembaga  kursus pun juga memiliki peran penting dalam persiapan pembukaan kembali kampung Arab Pare. Pamflet dan banner terkait dengan protokol kesehatan telah disebarkan di berbagai sudut kampung Arab.


Sebagian besar peserta kursus telah datang ke lokasi kapung Arab Pare dengan tujuan menmpuh ilmu bahasa Arab bersama para pengajar dari kampung Arab Pare. 

Banyaknya minat belajar bahasa Arab di Indonesia membuat para peserta kursus tetap berdatangan di awal dibukanya kampung arab Pare di era new normal kali ini. Meski tak sebanyak biasanya, namun sudah terbilang 10% peserta kursus telah datang di periode pertama usai pandemi. 

Kampung Arab Pare siap untuk kembali memberikan solusi belajar bahasa arab dengan tetap berpegang teguh pada protokol kesehatan demi kampung arab pare yang aman dan nyaman. Keselamatan dan keamanan bersama menjadi hal utama yang  harus diperhatikan

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x