Mohon tunggu...
Ifonny Pasongli
Ifonny Pasongli Mohon Tunggu... Psikolog - Psikolog Klinis

Instagram: @ifonnyp. Psikolog Klinis berpraktek di Puskesmas Sawahan Surabaya. Berfokus pada penanganan Kasus Remaja dan Dewasa.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Dengarkan Curhatku

29 Maret 2023   10:02 Diperbarui: 29 Maret 2023   11:39 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Ah, kamu lebay deh. Kayak gitu aja kok dianggep masalah."

"Lembek banget sih jadi orang. Masalahmu gak seberapa. Aku pernah ngalami yang lebih berat dari itu, tapi aku baik-baik aja."

"Cowok kok galau".

 "Cowok kok nangis, pake rok aja sana!"

Pada akhirnya...


"Aku malu untuk cerita, teman-teman pasti ngetawain aku"

"Kalo aku nunjukin perasaan sedihku, nanti aku teman-teman ngebully aku"

"Gak ada yang bisa memahami perasaanku"

"Gak ada lagi yang peduli sama aku. Lebih baik aku mati saja."

Kisah-kisah seperti ini hampir setiap hari saya dengarkan dari pasien yang berkunjung ke poli psikologi. Rentang usianya pun beragam, mulai dari anak, remaja, dan dewasa awal, baik laki-laki maupun perempuan. Mereka benar-benar merasa sudah putus asa dan tidak ada harapan lagi, ada yang sudah pernah melakukan self-harm atau menyakiti diri sendiri untuk mengalihkan emosi yang dirasakan bahkan memiliki pemikiran-pemikiran untuk bunuh diri. Namun, di kondisi seperti itu mereka tidak mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan. Mereka hanya bisa memendam sendiri perasaannya karena mereka merasa tidak ada lagi yang peduli. Mereka semakin menarik diri dan tidak tidak mau menceritakan masalahnya karena ketika mereka bercerita, yang mereka dapatkan bukan support tapi justru ceramah, dan ejekkan yang membuat mereka semakin down, bahkan tidak jarang malah jadi adu nasib.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun