Mohon tunggu...
Ifah Latifah
Ifah Latifah Mohon Tunggu... Guru - Guru

Penulis buku antologi Guru Profesional (Laikesa: 2020). Antologi Jawaban dari Tuhan (Dd Publishing:2020). Antologi Mengedukasi Negeri (Madani Kreatif: 2020) Guru Limited Edition ( Pustaka Literasi : 2021) Puisi 1000 penggiat Literasi judul Indonesia bangkit(Geliat gemilang abad i: 2021) Nak sungguh aku mencintaimu ( Little Soleil : 2021)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Implementasi Pendekatan Pembelajaran Universal Design for Learning (UDL) dalam Pembelajaran

15 Juli 2023   00:04 Diperbarui: 15 Juli 2023   00:11 429
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebelum mengidentifikasi langkah-langkah  melaksanakan pendekatan Pembelajaran UDL  dalam pembelajaran hendaknya terlebih dahulu mengenal 3 prinsip utama UDL.

Prinsip -prinsip tersebut yaitu:

  1. Representasi yang beragam (Multiple Means of Representation): Prinsip ini menekankan pentingnya menyajikan informasi dalam berbagai format dan media yang berbeda. Hal ini memungkinkan peserta didik dengan beragam gaya belajar dan kebutuhan aksesibilitas untuk mengakses materi dengan cara yang sesuai bagi mereka. Dalam pendekatan UDL, guru dapat menyedi
  2. akan teks tulisan, audio, gambar, video, atau sumber daya lainnya untuk memfasilitasi pemahaman dan aksesibilitas yang lebih baik.
  3. Tindakan dan ekspresi yang beragam (Multiple Means of Action and Expression): Prinsip ini menekankan pentingnya memberikan beragam pilihan dan strategi bagi peserta didik untuk mengekspresikan pengetahuan dan pemahaman mereka serta melibatkan mereka dalam tindakan yang bervariasi. Guru dapat memfasilitasi berbagai cara ekspresi, seperti melalui tulisan, presentasi lisan, proyek kreatif, diskusi kelompok, atau bentuk lainnya, sehingga peserta didik dapat menunjukkan pemahaman mereka dengan cara yang sesuai dengan preferensi dan kemampuan mereka.
  4. Keterlibatan dan motivasi yang beragam (Multiple Means of Engagement): Prinsip ini mendorong keterlibatan aktif dan motivasi peserta didik dengan menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik, relevan, dan bermakna bagi mereka. Guru dapat mempertimbangkan minat dan tujuan peserta didik dalam merancang pengalaman pembelajaran yang relevan dengan kehidupan nyata mereka. Kolaborasi, dukungan antar siswa, dan penggunaan teknologi pendidikan yang menarik juga dapat memperkuat keterlibatan dan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran.

Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, pendidik dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang inklusif, responsif, dan memungkinkan semua peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Untuk menerapkan pembelajaran dengan prinsip Universal Design for Learning (UDL), berikut adalah beberapa langkah yang dapat ikuti:

  1. Identifikasi kebutuhan dan preferensi siswa: Kenali karakteristik, gaya belajar, minat, tingkat kemampuan, dan kebutuhan aksesibilitas siswa dalam kelas. Pertimbangkan variasi dalam kemampuan belajar siswa serta faktor-faktor yang dapat mempengaruhi partisipasi dan keterlibatan mereka.
  2. Desain representasi yang beragam:
  • Sediakan materi pembelajaran dalam berbagai format dan media, seperti teks tulisan, audio, gambar, video, atau sumber daya digital.
  • Gunakan bahan bacaan yang dapat diakses, seperti font yang mudah dibaca dan tata letak yang jelas.
  • Sediakan pilihan yang beragam dalam penjelasan dan ilustrasi, sehingga siswa dengan gaya belajar yang berbeda dapat memahami informasi dengan cara yang sesuai bagi mereka.
  1. Fasilitasi tindakan dan ekspresi yang beragam:
  • Berikan pilihan dalam cara siswa mengekspresikan pemahaman mereka, seperti melalui tulisan, presentasi lisan, proyek kreatif, diskusi kelompok, atau media lainnya.
  • Sediakan panduan yang jelas dan dukungan yang memadai untuk membantu siswa mengorganisir, menyusun, dan menyampaikan ide dan pengetahuan mereka.
  • Gunakan variasi dalam metode penilaian, termasuk tugas tertulis, proyek kolaboratif, penilaian lisan, atau portofolio.
  1. Ciptakan keterlibatan dan motivasi yang beragam:
  • Kaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa, minat mereka, dan pengalaman sehari-hari.
  • Gunakan pertanyaan yang merangsang pemikiran kritis dan diskusi yang mendorong partisipasi aktif siswa.
  • Fasilitasi kolaborasi dan interaksi antara siswa, misalnya melalui diskusi kelompok, proyek tim, atau diskusi online.
  • Berikan umpan balik yang konstruktif dan dukungan yang positif untuk membangun motivasi siswa.
  1. Evaluasi dan penyesuaian: Lakukan evaluasi berkala terhadap efektivitas strategi pembelajaran yang diterapkan. Perhatikan perkembangan dan respons siswa terhadap pendekatan UDL. Sesuaikan pendekatan berdasarkan umpan balik siswa dan hasil evaluasi untuk meningkatkan pengalaman pembelajaran mereka.

Ingatlah bahwa penerapan UDL dapat melibatkan perubahan dalam desain pembelajaran dan pendekatan pengajaran.Juga penting untuk berkolaborasi dengan rekan kerja dan memanfaatkan sumber daya dan dukungan yang ada dalam sekolah atau institusi pendidikan masing-masing

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun