Mohon tunggu...
Minke
Minke Mohon Tunggu... jurnalis

Manusia Merdeka

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Mengenal Hakikat Cinta lewat Cerpen

2 Agustus 2020   21:27 Diperbarui: 2 Agustus 2020   21:22 10 1 0 Mohon Tunggu...

Di suatu kelas sekolah menengah keatas. Ada seorang anak bertanya kepada gurunya akan tetapi pertanyaan itu diluar mata pelajaran. Anak itu sedang dimabuk cinta, ia sedang tenggelam dalam dunia percintaan.

"bapak rudin, saya ingin bertanya. Akan tetapi pertanyaan ini sangat diluar mata pelajaran?" tanya amirul sambil mengacungkan tangan.

"tanyakan saja. Apa yang tidak kamu ketahui, insyaalah diriku bisa menjawabnya" jawab pak rudin sambil menatap mata amirul.

"pak, apa itu hakikat cinta?" tanya amirul dengan rasa penasaran.

Teman-teman sekelasnya mendengar pertanyaan tersebut menertawakan amirul..dan jiple pun teman sebangkunya menyeletuk. "amirul bucin dengan si aisyah pak, anak ipa " ucap jipleh tanpa rasa bersalah. Amirul yang mendengar perkataan jipleh pun merasa malu, dan menjawab.

"astagfirullah jipleh, jujur sekali ya anda " balas amirul dengan wajah jutek.

"yo sudah, sudah. Jangan ribut. Ini pertanyaan yang cukup bagus dan filosofis " ucap pak rudin sambil meminta anak muridnya tenang.

"apa itu cinta? Pertanyaan yang cukup filosofis. Sulit untuk mendefiniskan apa itu cinta. Sudah banyak sekali orang yang mengatakan apa itu cinta, tetapi tetap tidak memuaskan. Saya akan mengutip salah satu quotes dari seorang sufi wanita, yaitu robiah. 'cinta itu dia hanya memperlihatkan kerinduan, gambaran tentang perasaan, hanya orang yang merasakannya yang dapat mengetahui apa itu cinta' sebanyak apapun kamu membaca buku tentang cinta kalau tidak pernah jatuh cinta. Sebenernya kamu tidak tahu apa itu cinta. Ya, walaupun kamu sudah menghafalkan ciri ciri cinta, tingkatan jatuh cinta, model model cinta. Akan tetapi jika kamu tidak pernah jatuh cinta, kamu sebenarnya tidak tahu apa itu hakikat cinta. Hanya yang merasakan yang tahu apa itu cinta " jawab pak rudin sambil berjalan kebangku belakang.

"yah pak, kalo kaya gini yang jomblo bisa apa?" tanya aul sambil tertawa.

"yang jomblo bisa ikut lomba makan kerupuk pas 17 agustusan " jawab amin yang dari tadi asik menyimak.

"tenang aul. Kamu jangan merasa sendirian, kan masih ada ari ari yang selalu menemani kamu " jawab abdul yang membuat seluruh kelas tertawa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x