Mohon tunggu...
Franky Dwi Damai (Idham)
Franky Dwi Damai (Idham) Mohon Tunggu... Tutor - Mahasiswa Ilmu Hukum, Universitas Pendidikan Ganesha (UPG)

Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Singaraja.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Jejak Langkah (Keajaiban Yakin)

23 Februari 2020   04:12 Diperbarui: 23 Februari 2020   04:11 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Keajaiban Yakin
Denpasar, 23 Januari 2020. Dini hari mulai menyapa bersama sinar fajarnya yang menghadangku. Terbangun aku dari lelap tidurku semalam suntuk, alarm subuh mulai merintih menjerit tak kunjung henti. Tersadar aku dari ruang dimensi lain kembali kedunia nyata rutinitas.


Mulai kubuka catatan note di Hp androidku sebagai pengingat jadwalku tiap jam, hari, minggu, bulan dan tahun. Tercatat bahwa tanggal 23 Januari 2020, aku harus check in ke Bandara Udara Internasional Ngurah Rai, untuk melanjutkan perjalanan tugas pengkaderan diri dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Desember 2019 akhir lalu, aku tak sengaja mencari  info pengkaderan jenjang ke-3 di grup facebook "LK III HMI Nasional". Aku mulai membaca-baca info penting di dalam grup tersebut. Lalu aku memulai untuk men-download beberapa proposal (Badko HMI) yang mengadakan Latihan Kader LKIII (Advance Training) di Bulan sekitar Januari-Februari yang terdekat.

Mulai aku baca dan aku resapi, (1) proposal HMI Badko Sumbagsel, (2) proposal HMI Badko Jawa Barat, (3) proposal HMI Badko Jawa Timur. Entah, apa yang menjadikanku bingung semuanya sama bagusnya dan sangat menarik. Karena ketiganya fokus pada jenjang pengkaderan akhir di tubuh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Karena masih bingung dan memang ini merupakan pengalaman baru  mencoba. Ya, sudahlah aku chat semua contact person yang ada dan bisa dihubungi.

Alhamdulillah, yang paling cepat konfirmasi adalah (HMI Badko Sumbagsel), dan disusul dengan (HMI Badko Jawa Timur), untuk di Badko Jawa Barat yang paling terakhir konfirmasi info terkait proposal dan teknis Latihan Kader III (Advance Training). Aku kembali bimbang, dan aku putuskan mengambil air wudhu kebetulan waktu itu, tepat pada hari Kamis-malam Jumat.

Bagiku itu hari sangat khusyuk dan suci. Tanpa ambil pusing, aku lanjut dengan sholat hajat. Setelahnya aku mulai tenang bahkan lebih mantep dari sebelumnya. Aku putuskan untuk memilih jenjang pengkaderan Latihan Kader III (Advance Training)  di (HMI Badko Sumbagsel) kebetulan, kemantapan malam itu mengarahkanku ke sana.

Sudahlah, aku tidak ingin ribet dan muterin kepala ini untuk kebingungan berpikir yang ruwet.  Sebagai solusi lanjutan, aku mulai  perbaiki niat lagi.  Selanjutnya aku niatkan semua untuk  ikhlas dan lanjut membuat jurnal selama 1 Minggu penuh.

Sampai pada waktu itu aku lupa jam makan dan mengurangi jam tidur malamku untuk fokus istirahat, namun aku tidak merasa terbebani malahan aku melakukan dengan sepenuh hati. Sampai pada akhirnya akupun mengirim ke alamat gmail kepanitiaan (HMI Badko Sumbagsel) Tahun 2020, melalui Ketua Pelaksana Kanda Paksi dan Yunda Ismi, selaku Koor SC.

Desember 2019 telah berlalu, dan memasuki bulan Januari 2020. Sekitar tanggal 15 Januari 2020, panitia menginfokan bahwa jurnal yang aku kirimkan lolos. Aku tercengang, sontak kaget kok bisa tiba-tiba lolos. Padahal peserta yang daftar sekitar 50-an ke atas. Namun yang terpilih hanya sebanyak 20 Peserta. Anenhya salah satu nama peserta di dalam SK Kelulusan Jurnal (HMI Badko Sumbagsel) terdapat nama lengkapku dan asal Badko HMI Bali-Nusra.

Aku mencoba mendiamkan diri, dan sejenak mengunci informasi itu selama 1 hari, sampai pada waktu keesokan harinya aku mulai  bisa terbuka,  dan memiliki niatan untuk mem-publish dan membagikan kepada para senior (HMI Cabang Singaraja). Setelah tersebarnya info (SK Kelulusan Jurnal), mulai juga banyak timbul pertanyaan, dan pernyataan dari sekitar, kenapa aku mendadak mengikuti Latihan Kader III HMI Senasional?.

Padahal sebelumnya aku belum pernah menyinggung perihal jenjang tersebut, ada pula yang bertanya kenapa kok cepat sekali anda masih muda terkesan buru-buru?. Parahnya juga ada beberapa senior yang malah mendoakan baik, saya diperbolehkan beberapa dari mereka para senior, untuk berangkat mengikuti pelatihan dan berpesan agar saya jangan pernah toleh kanan-kiri dan untuk memilih lebih memantapkan fokus-fokus trulala perihal persiapan pelatihan di atas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun