Mohon tunggu...
Ida Suprehatin
Ida Suprehatin Mohon Tunggu... Guru - Guru/ Guru kelas/ tambahan sebagai sie kurikulum dan pembelajaran/ TK Anak Cerdas

Hobi Traveling/ Mudah bergaul, humble, suka traveling, suka tantangan/ suka dengan hal-hal baru di bidang PAUD

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Olahraga yang Menyenangkan bersama Anak

30 November 2022   08:00 Diperbarui: 30 November 2022   08:04 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Pandemi covid-19 adalah siatuasi yang dialami oleh semua orang di belahan bumi ini beberapa waktu lalu. Bersyukur saat ini keadaan sudah berangsur membaik, sehingga semua aktifitas bisa dilakukan kembali seperti dulu. Tidak dipungkiri juga bahwa efek dari pandemi ini seperti sebuah pisau, ada sisi posirif dan ada sisi negatif. 

Salah satu efek yang dirasakan langsung adalah di dunia pendidikan. Dimana saat pandemi beberapa waktu lalu, anak-anak harus sekolah melalui daring, semua kegiatan dilakukan di rumah. sehingga orangtua harus menjadi guru bagi anak-anak.

Pastinya bukan hal yang mudah, ketika orangtua harus menjadi guru secara tiba-tiba. Orangtua harus memiliki banyak ide kegiatan yang menarik bagi anak supaya anak tidak bosan di rumah dan tetap mendapatkan stimulasi yang tepat sehingga anak tetap bisa berkembang sesuai tahapan usianya. Hal ini tentunya tidak lepas dari pantauan guru di sekolah masing-masing. kerjasama antar sekolah dan orangtua menjadi kunci penting dalam pendampingan anak.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak di rumah yaitu dengan berolahraga bersama yang dikemas dengan kegiatan yang menyenangkan. Hal-hal yang perlau diperhatikan sebelum berolahraga bersama anak yaitu dengan melakukan streaching. Streaching merupakan gerakan untuk melenturkan otot-otot tubuh kita supaya tidak kaku dan terhindar dari cidera ketika melakukan olahraga.

Bagaimana streaching yang benar :

1. Streaching harus dilakukan secara berurutan dimulai dari tubuh bagian atas ke tubuh bagian bawah

2. Tidak diperbolehkan melakukan gerakan patah-patah karena justru akan menyebabkan cidera otot

3. Menghitung setiap gerakan 1 x 8 hitungan

Streaching juga bisa di variasi dengan benda-benda yang ada di sekitar, seperti sarung, pita, jarik, dll. sehingga mempermudah kita melakukan streaching dan pastinya anak-anak juga akan lebih tertarik untuk mengikutinya.

Setelah anak-anak kita ajak streaching, maka langkah selanjutnya adalah kita ajak untuk berolahraga bersama. Apa saja kira-kira :

1. Senam

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun