Mohon tunggu...
Tiberna Lase
Tiberna Lase Mohon Tunggu... Editor - PT GUNTUR MANDALA SAKTI(admin finance)

hobi saya berbisnis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Komunikasi Berpengaruh Besar dalam Berbisnis

7 Desember 2022   11:05 Diperbarui: 7 Desember 2022   11:18 211
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KOMUNIKASI BERPENGARUH BESAR DALAM BERBISNI

Siapa disini yang kadang miss communication dengan rekan kerja,team dan atasan? Tentu hal yang sudah tidak dikagetkan lagi bukan, dan hal ini juga tidak hanya di lingkungan kerjaan ,lingkungan keluarga,lingkungan perkuliahan ,dan lingkungan pertemanan juga mengalami hal yang sama dalam berkomunikasi.

Di mana kadang  Tidak menerapkan komunikasi dengan bener dalam berbisnis,Situasi seperti ini bisa menjadi hambatan besar dalam komunikasi efektif. Karena sebuah proses komunikasi akan dikatakan efektif, jika komunikator dan komunikannya mencapai kesamaan makna.kapan menggunakan komunikasi yang tepat dalam berbisnis,dan mengapa komunikasi itu sangat penting dalam berbisni dan bagaimana cara yang tepat berkomunikasi dalam berbisnis.

Kapan menggunakan komunikasi yang tepat,Komunikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan. Oleh sebab itu, komunikasi bergantung pada kemampuan kita untuk dapat memahami satu dengan yang lainnya. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain.

Mengapa komunikasi ini sangat berpengaruh penting dalam berbisni karena jika komunikasi berantakan maka operasi bisni akan dipastikan berantakan,karna pada dasarnya pekerjaan yang kita lakukan sehari hari didasari oleh obrolan atau komunikas kepada silawan bicara,jika komunikasi itu benar dan dilakukan pada saat yang tepat dilaksanakan dengan baik dan benar makan bisnis pun akan tetap di terkendalikan sebab adanya komunikasi

Bagaimana cara komunikasi yang tepat,Nah berikut caranya;

1. Mendengarkan Lawan Bicara

Dalam berkomunikasi, kita memang diperkenankan untuk mengutarakan pendapat. Namun bukan berarti kita tidak membiarkan lawan bicara untuk mengutarakan pendapatnya, terkadang mendengarkan lawan bicara juga penting.
jika tidak maka akan dipandang sebagai sosok egois, karena hanya fokus terhadap diri sendiri. Izinkan pihak lain untuk berbicara dan menjadi pendengar yang baik, sikap tersebut sangat dibutuhkan saat sedang berada di lingkungan kerja yang sifatnya formal.

2. Mengajukan Pertanyaan

Komunikasi yang efektif juga memerlukan tanggapan dari pihak lain, pernyataan yang telah disampaikan oleh lawan bicara memerlukan tanggapan, bisa dengan mengajukan pertanyaan, jika terdapat pernyataan tidak dimengerti atau mengutarakan tanggapan Anda.Dengan mengajukan pertanyaan, kita juga bisa dianggap sebagai pendengar yang baik, karena mendengarkan apa yang lawan bicara coba sampaikan.

3. Memberikan Informasi dengan Jelas

Dalam berkomunikasi juga perlu menyampaikan informasi secara jelas, sehingga tidak menimbulkan salah paham dari pihak lain. Penjelasan informasi dengan jelas dan akurat, tentunya akan membuat lawan bicara memahami apa maksud dari yang ingin disampaikan.Selain itu dalam dunia kerja misalnya, ketika Anda diminta untuk menyampaikan informasi kepada pihak lain, maka jangan sampai melakukan kesalahan dalam memberikan informasi, karena hal tersebut bisa menimbulkan salah paham dan berujung konflik antar pihak lain.

4. Mengombinasikan Komunikasi Verbal dan Nonverbal

Komunikasi yang efektif juga membutuhkan komunikasi verbal dan nonverbal di saat bersamaan, agar terciptanya komunikasi efektif. Gerakan nonverbal seperti mengangguk atau tersenyum, bisa menciptakan suasana komunikatif. Ditambah lagi gerakan verbal, yaitu melalui penyampaian informasi atau tanggapan secara jelas kita berikan kepada lawan bicara.


Kita perlu dan harus berkomunikasi dengan orang lain agar tidak terjadi miss communication apa lagi dalam berbisnis,agar bisnis lancar dalam perasionalnya maka diterpakanlah komunikasi yang baik selain itu juga komunikasi juga untuk memenuhi kebutuhan biologis kita seperti makan dan minum, dan memenuhi kebutuhan psikologis kita seperti sukses dan kebahagiaan. Melalui komunikasi pula kita dapat memenuhi kebutuhan emosional kita dan meningkatkan kesehatan mental kita.


Sekian dan Terimakasih


Biodata penulis 

Salam....

Nama asli Saya Tiberna lase dipanggil Ibee kadang Juga berna saya Mahasiswi Universitas Pamulang Semeste 5 ,Mata KOMUNIKASI BISNI ini salah satu mata Kuliah Favorit saya :)seriously no tipu tipu,saya asli Sumatera utara tepatnya Pulau Nias dan sekarang saya berdomisi di batu ceper tangerang kota medsos  ig@TibeNalase 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun