Mohon tunggu...
Andriansyah Tirta
Andriansyah Tirta Mohon Tunggu... Administrasi - Admin

Seorang karyawan swasta di bagian Administrasi. Lahir di Jakarta, menjalani sebagian masa muda di Medan, dan menempuh kuliah di Yogyakarta di UNY.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Menghadapi Kesukaran Besar di Dalam Pekerjaan

3 Mei 2024   10:15 Diperbarui: 3 Mei 2024   11:07 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Suatu waktu di dalam pekerjaan kita, tentu akan kita temui sebuah cobaan yang mungkin tidak dapat untuk kita tangani. Pada saat itu bisa dibilang kita bakal ngerasa frustasi yang luar biasa, karena kita tidak biasa menghadapi atau mau menerima suatu kenyataan bahwa kita memiliki kekurangan ataupun bahwasanya kita itu bisa gagal dalam menghadapi suatu ujian yang menuntut hal yang lebih dalam diri kita.

Tentunya jikalau kita di perusahaan besar yang sudah cukup bagus, kita dapat bertanya dengan rekan kerja, senior, ataupun bagian manajer untuk meminta solusi untuk permasalahan yang sedang kita hadapi tersebut. Namun apabila itu juga merupakan sebuah perusahaan kecil atau usaha yang kita bangun sendiri memang kita akan menemui kendala karena bisa jadi tidak ada orang lain untuk tempat kita mencari ide untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Sering sekali apabila kendala yang sulit ini semakin lama tidak tertangani akan menyebabkan kepanikan dalam diri kita sehingga akan menurunkan rasa kepercayaan diri kita. Dan apabila begitu sering sekali bukan menemukan solusi atas permasalahan tapi kita akan mundur dan tak mampu bangkit untuk menyelesaikan Kesukaran yang lain.

Untuk itu sebenarnya dalam hal ini bisa lakukan beberapa langkah ketika kita menghadapi Kesukaran yang sulit ketika hal itu datang dalam pekerjaan kita;

1. Diam dan Amati 

Langkah awal kita sebenarnya yang perlu kita lakukan untuk menghadapi hal-hal yang kita rasa di luar dari kemampuan kita adalah jangan memaksakan diri untuk dapat segera menyelesaikan permasalahan itu, akan tetap kita perlu waktu untuk mengambil posisi diam agar kita menelaah sebenarnya dari mana sumber permasalahan tersebut. Amati juga apakah permasalahan yang tersebut dapat menimbulkan kerugian yang lebih besar ataupun pola permasalahan yang sedang terjadi tersebut.

2. Mencari Informasi

Berikutnya adalah mencari saran-saran yang bisa didapatkan dari berbagai sumber, mungkin untuk di perusahaan besar hal ini gampang dilakukan namun apabila di ukuran perusahaan yang masih terbilang kecil atau usaha pribadi kita akan kerepotan dalam mencari sumber yang terpercaya untuk dapat menemukan solusi dari permasalahan yang ada. Oleh karena itu, kita tidak boleh hanya percaya dari beberapa sumber saja tapi kita perlu menggali banyak informasi-informasi yang bisa kita dapatkan sehingga ada bahan pembelajaran yang lebih lanjut untuk dapat memutuskan tindakan apa yang diperlukan.

3. Pelajari dan Planning Solusi

Kita sangat perlu mempelajari informasi-informasi yang sudah kita dapatkan sehingga kemudian dapat kita seleksi beberapa cara yang akan kita ambil. Rencanakan dengan baik langkah-langkah selanjutnya yang akan kita ambil dan kita perlu untuk mempercayai bahwa yang akan kita lakukan telah kita pelajari resiko-resikonya dan apa yang bisa diharapkan dari kita mengambil rencana tersebut.

4. Percaya Dengan Solusi yang sudah direncanakan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun