Mohon tunggu...
Den Ciput
Den Ciput Mohon Tunggu... I'm a writer...

Just Ordinary man, with the Xtra ordinary reason to life. And i'm noone without God.. http://www.youtube.com/c/ChannelMasCiput

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

2020: Diawali dengan Covid-19, Diakhiri dengan Pembubaran FPI.

2 Januari 2021   22:51 Diperbarui: 2 Januari 2021   23:21 127 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
2020: Diawali dengan Covid-19, Diakhiri dengan Pembubaran FPI.
picsart-01-02-11-19-07-5ff09da18ede48543e443d04.jpg

2020 adalah tahun yang luar biasa. Tahun yang penuh tantangan. Tahun yang mengejutkan. Tahun dimana kita nggak sama lagi, setidaknya ada banyak hal harus kita ubah dari segi protokol kesehatan.

Bermula dari penemuan virus Corona ( Covid19) pada tanggal 27 Desember 2019 di Wuhan, China oleh Dr Zhang Jixian dan selanjutnya menyebar ke seluruh penjuru planet, tak terkecuali negeri ini.

Awal tahun 2020 masih adem ayem kita yang di Indonesia ini masih belum sadar bahaya yang mengancam. Kita masih sibuk berbincang, membicarakan tentang Covid19. Tentang bagaimana di luar sana mereka berjibaku melawan virus mematikan itu. Bahkan kita sering kali membuat candaan, meme-meme tentang Wuhan, Covid19, muncul dalam berbagai bentuk. Salah satunya ada wisata ke Wuhan 3 hari 3 malam gratis. Tentu saja itu hanya kelakar belaka. Kalau pun ada beneran, tidak ada yang berani.

Ada yang bilang, saking ganasnya virus itu, bahkan orang meninggal di Wuhan akibat Covid19 sampai bergelimpangan. Masih dari sumber yang tak dapat dipercaya juga, katanya burung bangkai beterbangan kesana kemari. Mencari calon mayat.

Namanya juga rumor, tentu saja tidak seperti itu keadaan yang sebenarnya.

Dan awal Februari, saya masih sempai ke Bali, meskipun hanya 3 hari 2 malam. Di Kuta, sudah relatif sepi. Kata seorang kenalan, turis dari China dan Taiwan sudah tak ada yang datang.

Jalanan di gang Poppies, Kuta, yang biasanya padat, sekarang lebih lengang.

Akhir Februari, saya masih sempat ke Magetan, Jawa Timur. Sampai tanggal 2 maret, tersiar kabar dua orang suspect asal Depok, Jawa Barat. Mulailah, riuh rendah pemberitaan tentang Covid19 di negeri ini. Media massa, terlebih media sosial, ramai mempergunjingkan. Tak sedikit yang menghujat si suspect.

Covid19 pun langsung menjadi trending topic di ranah Twitter. Kian hari, jumlah penderita kian naik.

Masih di tahun 2020, tepatnya tanggal 20 April, kabar duka datang dari dunia hiburan tanah air. Penyanyi bersuara emas Glen Fredly berpulang ke keabadian.

Oleh pihak Rumah sakit yang merawat, Glen di diagnosa menderita menginitis, yaitu penyakit peradangan pada otak dan sumsum tulang belakang. Tak ayal, beberapa musisi yang dekat dengan Glen merasa kehilangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN