Mohon tunggu...
Humas Lapas Brebes
Humas Lapas Brebes Mohon Tunggu... Lainnya - Lapas Kelas IIB Brebes

Kementerian Hukum dan HAM RI Kantor Wilayah Jawa Tengah Lapas Kelas IIB Brebes

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Sulap Limbah, WBP Lapas Brebes Olah Jadi Keset Kain

21 September 2022   15:16 Diperbarui: 21 September 2022   15:22 23 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Brebes - Kegiatan pembinaan keterampilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIB Brebes semakin beragam dan menghasilkan karya. Salah satunya menyulap limbah kain sisa menjadi komoditas yang bisa dipasarkan dan bernilai jual, yakni keset kain.

Produk keset dari WBP Lapas Brebes memiliki kualitas yang bagus, tebal, kuat dan menyerap, hal ini karena proses produksinya yang melalui beberapa tahap yaitu mulai dari menggulung kain menjadi bola bola kain, kemudian dilakukan proses penambangan, untuk kemudian dibuat menjadi keset.

Menurut petugas Bimbingan Kerja Lapas Kelas IIB Brebes produksi keset ini sudah bekerja sama dengan beberapa pihak, seperti swalayan yang ada di sekitar lingkungan Lapas Brebes. Selain itu, pemasaran keset ini juga dilakukan secara konvensional, atau door to door menawarkan secara langsung kepada calon pembeli.
WBP Lapas Brebes bisa memproduksi 3-5 keset setiap harinya. Satu keset dibanderol dengan harga 20 ribu rupiah, bila dilihat dari kualitasnya, harganya terbilang murah, namun karena diproduksi oleh warga binaan, tidak banyak jumlah yang bisa dipasarkan, tutur Fahrur Ridlo selaku Kasubsi Kegiatan Kerja di Lapas Brebes.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIB Brebes, Isnawan, mengatakan pembinaan ini dimaksudkan untuk melatih kreatifitas dan ketrampilan WBP. Karena itu sangat berguna ketika mereka kembali ke masyarakat, diharapkan selepas menjalani pidana mereka juga bisa lebih kreatif dan trampil dalam berwirausaha serta tidak lagi mengulangi perbuatan tindak pidana kriminal.

*Humas Lapas Brebes*
_Ringan Mencerdaskan_

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan