Mohon tunggu...
Humas Lapas Cilegon
Humas Lapas Cilegon Mohon Tunggu... Lembaga Pemasyarakatan Cilegon

Sejarah berdirinya Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Cilegon yang dibangun pada tahun 2010 oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI dan diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2012 oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Bpk Amir Syamsuddin. Terletak di jalan Cikera Kp. Koweni Desa Kalitimbang Kec. Cibeber Kota Cilegon dengan luas areal sekitar 48.250 m2, sebelah Utara berbatasan dengan perkebunan milik warga setempat, sebelah Timur bebatasan dengan perkebunan milik warga setempat, sebelah Barat berbatasan dengan pemukiman warga, sebelah Selatan berbatasan dengan pemukiman warga. VISI : Menjadikan Lapas yang terpercaya dalam memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan MISI : 1. Menjadikan sistem perlakuan humanis yang memberikan rasa aman, nyaman, dan berkeadilan; 2. Melaksanakan pembinaan, perawatan, dan pembimbingan untuk mengembalikan narapidana menjadi warga negara yang aktif dan produktif ditengah-tengah masyarakat; 3. Membangun karakter dan mengembangkan sikap ketaqwaan, sopan santun, dan kejujuran pada diri narapidana; 4. Memberikan pelayanan, perlindungan, dan pemenuhan terhadap hak-hak warga binaan pemasyarakatan dan keluarga/ warga masyarakat yang berkunjung.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Dapati Sertifikat Laik Hygiene, Lapas Cilegon Terus Optimalkan Pemberian Makanan Sehat bagi Napi

18 Februari 2021   15:05 Diperbarui: 18 Februari 2021   16:21 82 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dapati Sertifikat Laik Hygiene, Lapas Cilegon Terus Optimalkan Pemberian Makanan Sehat bagi Napi
Petugas Lapas Cilegon pantau proses pendistribusian makanan untuk Narapidana| Dok Lapas Cilegon

Dengan adanya pandemi COVID-19 di Indonesia saat ini menjadikan momentum bagi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon untuk memperbaiki keamanan pangan, karenanya peningkatan mutu pangan menjadi prioritas Lapas Cilegon sebagai salah satu layanan kepada masyarakat dalam hal ini ialah warga binaan.

Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik Lapas Cilegon, Muhamad Khapi, melakukan kontrol rutin ke Dapur Lapas Cilegon, Kamis (18/02/2021).

Kegiatan ini dalam rangka memantau kebersihan dapur dan pengolahan makanan yang akan didistribusikan agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kasi Binadik, M. Khapi, menyampaikan bahwasanya Lapas Cilegon sudah bekerjasama dengan Dinas Laboratorium Kesehatan Kota Cilegon untuk menguji klinis makanan yang meliputi pengecekan cemaran kimia pada makanan, pengecekan angka kuman Escheruchia Coli, pengecekan angka kuman pada peralatan makanan, Rectal Swab pada penjamah makanan, uji kelayakan air minum, dan uji kelayakan air pengolah masakan.

"Sebelumnya kita (Lapas Cilegon) sudah melakukan uji klinis makanan dan alhamdulillah kita juga sudah mendapatkan sertifikat laik hygiene sanitasi jasa boga penyelenggara makanan dari Dinas Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan yang bekerjasama Dinas Laboratorium Kesehatan Kota Cilegon" ungkap Khapi.

Khapi mengyungkapkan upaya itu dilakukan agar makanan yang diperuntukkan bagi napi bebas dari bahaya cemaran biologis, kimia, dan benda Iain. Sanitasi juga bertujuan untuk mencegah dan meminimalisir risiko penyebaran virus COVID-19 serta serta menjamin mutu dan keamanan pangan.

"Setiap hari kami melakukan kontrol ke dapur Lapas dalam rangka mengotimalkan pemberian makanan yang sehat dan tepat sesuai waktu serta menu kepada Warga Binaan," tutup Khapi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x