Mohon tunggu...
Hudi Rizkianto
Hudi Rizkianto Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas PGRI Madiun

semangat, dan terus belajar.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pentingnya Pendidikan Moral dan Pancasila di Tengah Masa Pandemi

2 Mei 2021   11:28 Diperbarui: 2 Mei 2021   11:32 248 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pentingnya Pendidikan Moral dan Pancasila di Tengah Masa Pandemi
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

            Pendidikan moral dan pancasila dimasa sekarang ini dirasa mengalami penurunan, terutama ditingkatan sekolah dasar. Dimana siswa kurang mendapatkan materi yang mereka butuhkan. Sehingga belum semua sekolah dapat memberikan pembelajaran secara optimal para siswa siswanya. Ditambah belum bolehnya tatap muka secara langsung dan pembelajaran yang didominasi secara daring, serta  kurangnya apresiasi wali murid dalam memantau perkembangan putra putrinya. Hal itu membuat pendidikan di sekolah dirasa kurang efektif, khususnya pada materi pendidikan kewarganegarana pada materi moral dan pancasila.Meskipun di beberapa sekolah sudah diizinkan untuk melakukan sistem kunjungan. Hal tersebut masih dirasa kurang dalam penyampaian materi yang terserap oleh siswa

            Dalam pemecahan permasalahan moral dan pancasila pada tingkatan sekolah dasar, bisa dengan digemborkan atau diselipkan materi materi pendidikan karakter pada setiap mata pelajaran. Hal tersebut dikarenakan kurangnya waktu belajar ketika daring maupun kunjungan. Dalam pelaksanaanya sendiri dapat dilakukan dengan pembelajaran multi disiplin ilmu. Dimana sudah diterapkan dalam pembelajaran tematik itu sendiri. Dimana satu materi maupun satu objek bisa menjamah atau mencakup beberapa mata pelajaran. Dengan begitu permasalahan moral dan pancasila akan segera bisa teratasi oleh sebab itu harus sering-sering diselipkan materi-materi pendidikan di setiap mata pelajaran, dengan begitu siswa juga tidak akan merasa kekurangan materi pendidikan karakter,dengan begitu tidak ada pula siswa yang akan tertinggal dan diharapkan dengan cara seperti itu dapat meningkakan mutu siswa dimasa sekarang ini lebih-lebih dimasa sekarang ini menerapkan sistem pembelajaran daring dan para pendidik harus pandai-pandai mencari inovasi tentang pembelajaran agar para peserta didik tidak mudah bosan.

            Dalam penanaman karakter sebuah metode yang lebih efektif digunakan, karena pada umumnya anak meneladani pendidikan, dengan begitu para peserta didik akan lebih mudah dalam penerapannya karena dengan begitu para peserta didik dapat menerapkan pemahaman moralnya dalam kegiatan belajar, selanjutnya dengan cara penanaman secara kedisplinan para pendidik dengan ditanamkan rasa kedisiplinan tentang moral diharapkan para peserta didik terbiasa dengan hal tersebut dan dengan hal tersebut diharapkan peserta didik memiliki mpral yang baik walaupun dimasa pandemi seperti sekarang ini, pada saat pembelajaran secara daring para pendidik harus bisa mencontohkan hal tersebut secara baik dan teliti agar semua peserta didik bisa memahami nya secara merata. Pada dasarnya peran orang tua juga penting dalam pendidikan moral dan pancasila ini oleh sebab itu orang tua juga harus ikut serta atau andil dalam mengawasi anak dalam belajar dirumah karena dengan perhatian orang tua yang cukup anak akan merasa dirinya mempunyai penyemangat disekitar mereka dan anak akan merasa lebih senang dan tertantang akan untuk lebih baik lagi.

(Nurhisan, 2017)

            Pendidikan moral di Indonesia sendiri masih belum banyak menyentuh dalam pemberdayaan dalam perspektif global dalam proses pembelajaran untuk pembenahan pendidikan dan pada saat orde baru semua diajarkan berbagai sikap dan perilaku yang nyata-nyatanya malah bertolak belaka tentang apa yang diajarkan. Dan dalam hal tersebut belum bisa menanamkan tentang moral dan pancasila kedalam kesadaraan peserta didik.

            Jika dilihat metode pembelajaran di negri lain, seprti negara india dan sebagainya dan pendidikan nilai di india merasa tampak lebih populer dalam pendidikan nasional diindia pendidikan digunakan sebagai pengembangan nilai dasar ilmiah dengan begitu penerapan moral akan bisa merata karena diterapkan dengan baik serta selalu menekankan kedisiplinan, serta pendidikan dimalaysia pendidikannya dilakukan secara langsung dan tidak langsung melalui pendidikan moral dan agama meski cukup konsisten dalam menerapkan nilai moral, estetika melalui pendidikan formal namun dengan begitu pendidikan juga kurang dalam perspektif pembelajaran sehingga kurang memberikan kebebasan para pseserta didik. Dan pendidikan di cina dalam pendidikan sebagai bagian penting dalam peraturan pendidikan. Fokus pendidikan moral di cina berkaitan dengan nilai kepribadian diri dan tata hidup baik tentang pendidikan moralnya terencana dan terprogram. Dimensi pendidikan moral tidak ada prinsip moral yang normal (Primantoro, 2016).      

            Dari hal tersebut dapat saya simpulkan pembelajaran yang baik dan patut digunakan yaitu pembelajaran yang diterapkan dipendidikan diindia karena pendidikan tersebut lebih menekankan tentang pendidikan moral dan diterapkan kedisplinan oleh sebab para peserta didik akan merasa lebih tertib dalam menjalankan pendidikan moral dan pancasila pada masa pandemi sekarang ini, dengan begitu penerapan pendidikan tersebut juga lebih populer dan banyak digunakan di pendidikan swasta maupun negeri.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan