Mohon tunggu...
H. Alvy Pongoh
H. Alvy Pongoh Mohon Tunggu... Traveller & Life Learner

I am a very positive person who love to do the challenge things and to meet the new people. I am an aviation specialist who love to learn, share, discuss, write, train and teach about aviation business and air transport management.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Selamat Ulang Tahun Bapak Presiden Jokowi

21 Juni 2020   07:35 Diperbarui: 21 Juni 2020   07:53 78 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Selamat Ulang Tahun Bapak Presiden Jokowi
Foto Saat Saya Berdiskusi dengan Walikota Solo Bapak Jokowi (dokpri)

Hari ini merupakan Hari Ulang Tahun ke-59 dari Presiden Republik Indonesia (RI) ke-7 Bapak. Ir. Joko Widodo yang akrab dipanggil Jokowi. Presiden Jokowi dilahirkan di Surakarta pada tanggal 21 Juni 1961 dan merupakan anak sulung dari empat bersaudara.

Anak laki-laki satu-satunya dari pasangan suami isteri, Noto Mihardjo dan Sudjiatmi itu terlahir dengan nama Mulyono. Namun karena saat kanak-kanak Mulyono sering sakit maka nama Mulyono pun diganti dengan nama Joko Widodo.

Perjalanan karir politik Presiden Jokowi berawal saat bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di tahun 2004. Jokowi kemudian terpilih sebagai Walikota Solo yang ke-15 pada tahun 2015.

Periode pertama Jokowi sebagai Walikota Solo di tahun 2005-2010 dan terpilih lagi sebagai Walikota Solo periode kedua tahun 2010-2015. Dimana pada tahun 2012 Jokowi mengikuti Pilkada DKI Jakarta dan akhirnya terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta ke-14.

Yang terkenang dalam memori kehidupan saya tentang Jokowi adalah saat pertama kali saya bertemu dan berkenalan dengan beliau. Saat itu tahun 2006 beliau menjabat sebagai Walikota Solo dan saya menjabat sebagai Guest Services Director dari PT. Indonesia Air Asia

Bertemunya saya dengan beliau saat itu terkait dengan rencana maskapai Air Asia Malaysia untuk membuka rute penerbangan baru dari Kuala Lumpur ke Solo vice versa. Dimana beliau sebagai Walikota Solo menyambut dengan baik rencana pembukaan penerbangan internasional tersebut.

Inisiasi dari Air Asia Berhad Malaysia yang saat itu diwakili oleh Manajemen PT. Indonesia Air Asia itu pun mendapat dukungan penuh dari Walikota Solo dan jajaran Pemerintah Kota Solo. Oleh karena akan menambah rute penerbangan internasional langsung ke Solo yang sudah ada sebelumnya yaitu dari Singapura.

Rute penerbangan internasional secara langsung dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Solo itu tentunya berdampak pada industri pariwisata di Solo khususnya dan Jawa Tengah umumnya. Banyak wisatawan asing yang datang berkunjung dengan adanya fasilitas transportasi udara tersebut.

Tim Manajemen Operasi Darat (Ground Operations) dari PT. Indonesia Air Asia yang saat itu saya pimpin akhirnya bertemu dan berdiskusi dengan Walikota Solo Jokowi. Saat pertemuan di Loji Gandrung, kediaman resmi Walikota Solo itu saya didampingi dua orang staf yaitu: Anton Kuncoro (Guest Services Executive) dan Rahimudin (Airport Manager Solo).

Foto Saya dan Tim saat memberikan souvenir miniatur pesawat Air Asia kepada Walikota Solo Bapak Jokowi (dokpri)
Foto Saya dan Tim saat memberikan souvenir miniatur pesawat Air Asia kepada Walikota Solo Bapak Jokowi (dokpri)

Hasil diskusi kami Tim Manajemen Air Asia dengan beliau sebagai Walikota Solo sangat baik dan positif.  Saat itu beliau menyatakan kesediaan untuk hadir dalam acara penyambutan pesawat dan peresmian pembukaan rute penerbangan Air Asia dari Kuala Lumpur ke Solo vice versa. Saat itu saya memberikan souvenir kepada beliau berupa miniatur pesawat Air Asia dan berfoto bersama beliau.

Di saat acara peresmian penerbangan langsung Air Asia di Bandara Adi Sumarmo itu, beliau pun memberikan sambutan sebagai Walikota Solo. Saat akhir sambutannya beliau pun memberikan "surprised" kepada kami Tim Manajemen Air Asia dan para tamu undangan yang hadir. Beliau ternyata sudah menyiapkan acara syukuran di Loji Gandrung dan mengundang kami semua untuk hadir.

Akhirnya sesudah acara penyambutan penumpang dari Kuala Lumpur ke Solo dan pelepasan penumpang dari Solo ke Kuala Lumpur di Bandara Adi Sumarmo selesai dilaksanakan hari itu. Para tamu undangan dan kami Tim Manajemen Air Asia melanjutkan acara di Loji Gandrung bersama Walikota Solo dan jajaran Pemerintah Kota Solo.

Ya itulah kenangan saya bersama Bapak Jokowi yang saat ini menjabat sebagai Presiden RI. Selamat merayakan Hari Ulang Tahun ke-59 hari ini Bapak Presiden Jokowi. Semoga selalu sehat walafiat, diberikan umur panjang dan dilindungi oleh Allah SWT serta selalu berbahagia bersama keluarga. Aamiin YRA...

Oleh: H. Alvy Pongoh, SE, MM (ex- Guest Services Director PT. Indonesia Air Asia).

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x