Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Penulis - Cerpenis.

Enam buku antologi cerpennya: Rahimku Masih Kosong (terbaru) (guepedia, 2021), Juang (YPTD, 2020), Kucing Kakak (guepedia, 2021), Tiga Rahasia pada Suatu Malam Menjelang Pernikahan (guepedia, 2021), Dua Jempol Kaki di Bawah Gorden (guepedia, 2021), dan Pelajaran Malam Pertama (guepedia, 2021). Satu buku antologi puisi: Coretan Sajak Si Pengarang pada Suatu Masa (guepedia, 2021). Satu buku tip: Praktik Mudah Menulis Cerpen (guepedia, 2021).

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Di Mana Posisi Pengarang dalam Cerpennya?

21 September 2021   15:58 Diperbarui: 23 September 2021   02:59 487 19 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Di Mana Posisi Pengarang dalam Cerpennya?
Ilustrasi menulis cerita,| Sumber: Shutterstock/ Have a nice day Photo via Kompas.com

Pengarang adalah "Tuhan", cerita adalah ciptaannya, sehingga ia berhak mengatur segala sesuatu dalam cerita, termasuk memilih ikut berperan atau sekadar mengarang.

Pengarang punya kuasa penuh menyusun cerita. Kendati ia beroleh inspirasi dari cerita yang pernah ia baca, dalam rangkaian cerita yang dikarangnya, seluruhnya menjadi kehendak bebas.

Barangkali ada gaya cerita yang menyamai seseorang, tetap saja materi cerita hanya ada di pikiran pengarang. Dalam pikiran itu muncul imajinasi penokohan, konflik dan solusi, pesan moral, dan seterusnya.

Cerita fiksi sendiri ada berbagai macam, di antaranya novel, roman, hikayat, dan cerpen. Berhubung saya seorang cerpenis, berikut ulasan posisi pengarang dalam cerpennya.  

KBBI menjelaskan cerpen sebagai kisahan pendek (kurang dari 10.000 kata) yang memberikan kesan tunggal yang dominan dan memusatkan diri pada satu tokoh dalam satu situasi (pada suatu ketika).

Ada kesan tunggal yang dominan berarti kurang lebih menggambarkan ada seorang tokoh utama yang diceritakan lebih banyak dibanding tokoh lain. 

Panjang cerita terbatas. Bagi yang berpengalaman, barangkali sesekali kesulitan untuk memadatkan imajinasi yang luas ke kata-kata yang terbatas. Pada sisi lain, sesekali pula pengarang sendiri ingin masuk dalam cerpennya. Di bagian manakah ia bisa menyelusup?

Secara umum...

Pada sebagian besar cerpen yang pernah saya baca, jarang sekali nama pengarang muncul dalam cerita. Percayalah! Nama itu hanya muncul di depan atau akhir, sebagai penanda cerpen dikarang oleh siapa.

Meskipun pengarang masuk sebagai tokoh utama sekalipun, ia akan menggunakan nama lain atau sekadar kata ganti orang seperti saya, kamu, kalian, atau mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan