Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Penulis - Cerpenis.

Enam buku antologi cerpennya: Rahimku Masih Kosong (terbaru) (Guepedia, 2021), Juang (YPTD, 2020), Kucing Kakak (Guepedia, 2021), Tiga Rahasia pada Suatu Malam Menjelang Pernikahan (Guepedia, 2021), Dua Jempol Kaki di Bawah Gorden (Guepedia, 2021), dan Pelajaran Malam Pertama (Guepedia, 2021). Satu buku antologi puisi: Coretan Sajak Si Pengarang pada Suatu Masa (Guepedia, 2021). Dua buku tip: Praktik Mudah Menulis Cerpen (Guepedia, 2021) dan Praktik Mudah Menulis Cerpen (Bagian 2) (Guepedia, 2021).

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Apakah Memelihara Hewan Mesti Sepasang?

24 Agustus 2021   15:03 Diperbarui: 24 Agustus 2021   15:36 177 13 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi memelihara hewan sendirian, sumber: Pixabay/8777334 via Kompas

Apakah Anda sedang memelihara hewan? Atau Anda berencana hendak memelihara? Kucingkah? Anjing, kelinci, atau yang lain? Berapa jumlah hewan yang Anda pelihara? Apa pertimbangan-pertimbangan Anda dalam memelihara? 

Adakah pernah sedikit pertanyaan timbul tentang bagaimana memenuhi kebutuhan biologis hewan Anda?

Jika masih kecil apalagi bayi, kita tidak perlu berpikir jauh. Hewan seumur anak-anak lebih banyak bermain dan menghabiskan waktu mengenal lingkungan. Tetapi, mulai besar, lain hal.

Hewan memiliki kebutuhan sama seperti manusia

Sama seperti makhluk hidup pada umumnya yang bergerak, hewan butuh makan, minum, tempat buang air (baik besar maupun kecil), lokasi bermain, dan kasih sayang dari sesamanya atau makhluk lain.

Itu merupakan kebutuhan alami yang jika tidak dipenuhi, pasti mengurangi kebahagiaan hidupnya. Tidak terkecuali kebutuhan biologis untuk menyalurkan hasrat berahi. Hewan yang sudah cukup umur dan matang gonad, akan mencari hewan berjenis kelamin lain dan bersetubuh dengannya. 

Adalah menjadi masalah bagi pemelihara, jika hewan itu hanya sendirian dipelihara. Adakah pemelihara wajib menyediakan pasangannya?

Beberapa urusan yang bisa bertambah

Jika hewan telah bersetubuh dan tidak ada masalah selama proses kandungan dalam rahim betina sampai melahirkan, maka tentu akan muncul bayi-bayi baru yang jumlahnya tergantung kemampuan reproduksi hewan. 

Ada yang sekali beranak tiga ekor, lima ekor, bahkan bisa tujuh atau lebih. Bayi-bayi itu sama posisinya dengan kedua induk. Semua menimbulkan ekstra usaha dari pemelihara untuk merawat.

Ketersediaan tempat peliharaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan