Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Penulis - Cerpenis.

Enam buku antologi cerpennya: Rahimku Masih Kosong (terbaru) (guepedia, 2021), Juang (YPTD, 2020), Kucing Kakak (guepedia, 2021), Tiga Rahasia pada Suatu Malam Menjelang Pernikahan (guepedia, 2021), Dua Jempol Kaki di Bawah Gorden (guepedia, 2021), dan Pelajaran Malam Pertama (guepedia, 2021). Satu buku antologi puisi: Coretan Sajak Si Pengarang pada Suatu Masa (guepedia, 2021). Satu buku tip: Praktik Mudah Menulis Cerpen (guepedia, 2021).

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Sebuah Artikel Apresiasi untuk Bapak Johan Japardi

4 Agustus 2021   22:18 Diperbarui: 4 Agustus 2021   22:59 299 32 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sebuah Artikel Apresiasi untuk Bapak Johan Japardi
Tangkapan layar akun Bapak Johan Japardi, sumber: Kompasiana

Jika ada seseorang yang akhir-akhir ini konsisten menuliskan pelajaran yang ditakuti sebagian siswa kala SMA -- terutama kelas Ilmu Pengetahuan Alam -- karena begitu sulitnya, ia tidak lain dan tidak bukan adalah Bapak Johan Japardi.

Saya dahulu waktu tingkat tiga, masuk kelas IPA. Dari empat mata pelajaran pokok (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi), saya paling suka Kimia. Jembatan keledai penghafal Tabel Periodik Unsur (TPU) secepat kilat saya sebutkan.

Saya pun pernah masuk Olimpiade Kimia tingkat provinsi, meskipun gagal. Bahan ajar percampuran asam dan basa menjadi garam dan air paling saya suka. Tidak perlu berpikir lama, tiap-tiap senyawa yang terbentuk tersusun dengan tepat.

Saat muncul topik pilihan Tabel Periodik Unsur, saya terdorong untuk menuliskannya. Tetapi, tidak jadi, karena ingatan saya sebagian besar telah terkikis. Saya malah kuliah di jurusan Akuntansi. Semakin hilang hafalan.

Bersyukur sekali, di Kompasiana, ada seseorang yang hebat, konsisten, dan mampu menyajikan secara menarik, mata pelajaran Kimia. Kendati saya tidak selalu bisa berkunjung ke akun Beliau, sesekali saya tinggalkan nilai.

Saya perhatikan itu. Beliau sangat apik menyajikan pembahasan. Membukakan mata dan wawasan saya untuk sebagian unsur pada TPU. Saya sampai teringat guru saya.

Beliau pun menyertakan daftar literatur sebagai acuan dalam tulisan. Sebuah etika menulis yang patut diacungi jempol. Setelah saya teliti kembali profil, memang tidak salah jika Beliau mahir menuliskan bahan ajar Ilmu Pengetahuan Alam.

Beliau lulusan S1 Farmasi Fakultas MIPA USU tahun 1994. Beliau menjadi apoteker USU tahun 1995 dan sudah menerbitkan tiga buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Bergabung di Kompasiana 28 Maret 2021. Telah menulis (per artikel ini terbit) 415 artikel, 293 pilihan, dan 2 artikel utama. Saya tidak meragukan dedikasi Beliau dalam membagi ilmu.

Mau disabet pilihan atau tidak oleh Admin, Beliau tetap menulis. Per 20 Juli 2021, ulasan seputar pelajaran Kimia selesai. Semua artikel Beliau rangkum judulnya di tulisan: e-Library Kompasiana: Tabel Periodik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN