Mohon tunggu...
Husni Fatahillah Siregar
Husni Fatahillah Siregar Mohon Tunggu... Freelancer - Content Writer

Corporate Communication - Tennis Addict - Based in Prague

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Babak Baru Pandemi Covid-19 di Ceko: Selamat Tinggal Masker!

14 April 2022   12:59 Diperbarui: 15 April 2022   16:30 889 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Suasana Old Town di Praha (Dok. Pribadi)

Setelah dua tahun berjibaku menghadapi pandemi Covid-19, kini Ceko menghadapi babak baru. 

Satu per satu kebijakan restriksi mulai dicabut oleh pemerintah Ceko, dan saat ini bisa digambarkan kehidupan berjalan seperti sebelum Covid-19 mewabah.

Kasus Covid-19 pertama kali dikonfirmasi oleh pemerintah Ceko pada 29 Februari 2020 sebanyak 3 kasus. 

Sepekan setelahnya ketika jumlah kasus menunjukkan angka 91 kasus dan terindikasi terjadi peningkatan, pemerintah Ceko segera memutuskan menutup semua sekolah dan universitas, tepatnya tanggal 11 Maret 2020. 

Selang sehari tanggal 12 Maret 2020, pemerintah Ceko memberlakukan "Status Darurat" selama 30 hari, di mana turis asing sudah tidak dapat masuk wilayah Ceko, dan masyarakat lokal pun sudah tidak bisa keluar Ceko. 

Hingga akhirnya tanggal 16 Maret 2020 diberlakukan lockdown, di mana semua fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, pusat kebugaran, tempat-tempat wisata, hotel, restoran dan kafe, serta pusat hiburan ditutup. Yang diizinkan untuk tetap beroperasi hanya toko-toko yang menjual kebutuhan bahan pangan, toko elektronik, apotek, pom bensin dan tentunya rumah sakit.

Kasus kematian akibat Covid-19 di Ceko dikonfirmasi pertama kali pada tanggal 22 Maret 2020. Oleh karenanya masa darurat yang awalnya ditetapkan selama 30 hari, diperpanjang hingga 30 April 2020. 

Pemerintah Ceko pun makin memperketat izin untuk berkumpul di mana di tempat publik tidak diperkenankan untuk berkumpul lebih dari 2 orang.

Seiring dengan kecenderungan menurunnya penambahan jumlah kasus tiap hari, pada awal triwulan kedua 2020 pemerintah Ceko mulai melonggarkan kebijakan-kebijakannya. Dimulai pada 7 April 2020 toko olahraga sudah diizinkan untuk beroperasi kembali dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, disusul toko-toko dengan luas maksimal 200meter persegi diizinkan beroperasi kembali. 

Hingga akhirnya pada 11 Mei 2020 fasilitas publik seperti galeri, bioskop, museum, restoran atau kafe di luar pusat perbelanjaan beroperasi kembali. Sepekan setelahnya tanggal 17 Mei 2020 pemerintah Ceko menetapkan "Status Darurat" berakhir. Dan mulai tanggal 25 Mei 2020 semua hotel dan pusat perbelanjaan sudah diizinkan untuk kembali beroperasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan