Mohon tunggu...
Himawan
Himawan Mohon Tunggu... https://himfiles.blogspot.com/

Twit update perkembangan weekly-chart #HIMpersada20 ( Hits Indonesia Mingguan ) di @himpublik | https://open.spotify.com/search/himklasik

Selanjutnya

Tutup

Musik

HIMpersada20: 13-19 Juni 2021 (Cantika Abigail, Nuca, Virgoun)

14 Juni 2021   07:15 Diperbarui: 14 Juni 2021   07:25 115 1 0 Mohon Tunggu...

Tak mungkin ku melepasmu

Tembang hits pop balada dari band Dygta ft. Andina ini di tahun 2002 kembali diaransemen ulang lewat lantunan Cantika Abigail dengan iringan The City Of Praque Philharmonic Orchestra. Videoklipnya sudah dirilis label Sony Music pada tanggal 28 Mei 2021.

Cantika Abigail, siapa dia ? Kiprahnya sebagai solois wanita mungkin belum begitu familiar, namun bila penulis menyebut nama grup "GAC", nah mungkin anda mulai paham siapa profil akan dikupas singkat kali ini. Bareng 2 bersaudara : Gamaliel Tapiheru dan Audrey Tapiheru, GAC terbentuk di tahun 2008 dan mulai merilis singel perdana "Ingin putus saja" di tahun 2010. Genre yang dibawakan oleh trio ini kebanyakan bercorak hiphop, rap, R&B, dan kontemporer urban. Jadi tak pelak, ketika trio ini sedang vakum / rehat atau bila hendak mengeksplorasi genre musik lain diluar konsep GAC, ketiga personelnya ini bisa mengisinya dengan memilih proyek solo. Untuk GAC, penulis kupas lebih jauh saat mereka merilis singel baru lagi. 

Kembali ke Cantika Abigail, penyanyi kelahiran Jakarta 28 tahun silam ini bisa dibilang mewarisi darah musik dari ibunya Jean Pattikawa, penyanyi wanita di era 80an. Malah, kalau ditelusuri lebih lanjut, genetika seni juga mengalir dari sang kakek nenek, yakni : Chris Pattikawa ( sutradara dan produser film ) dan Rina Hashim ( artis senior ). Fyi, lagu solo perdana Cantika telah dirilis tahun 2019 dengan lirik berbahasa Inggris dengan tajuk "Start over".

 

Kagum

Satu lagi jebolan ajang pencarian bakat di televisi yang merilis singel solo perdananya di tahun 2021 ini. Setelah merilis tembang duet dengan Mahalini Raharja bertajuk "Aku yang salah" di tahun 2020, penyanyi bernama lengkap Muhammad Raja Giannuca Putra ini meluncurkan videoklip resmi "Kagum" yang tayang tanggal 21 Mei 2021 di bawah naungan label Hits Records. Proses penciptaan lagu "Kagum" ini dibantu oleh Andmesh Kamaleng. 

Berikut catatan perjalanan musiknya sebelum tembus di studio rekaman. Tahun 2014, ia mengikuti acara Indonesia Mencari Bakat di tahun 2014 dan menempati posisi sebagai finalis keempat. Tahun 2016, kembali mengasah bakatnya di The Voice Kids Indonesia dan sukses sebagai runner up. Tahun 2019, penyanyi kelahiran Solo yang kini berusia 19 tahun ini sukses menembus hingga babak 4 besar di ajang Indonesia Idol musim kesepuluh.

 

Orang yang sama

Videoklip resminya telah tayang perdana di tanggal 15 April 2021. Tembang ini mengisi episode terakhir dari empat lagu yang dirilis label dr.m yang menjadi soundtrack film pendek bertajuk "Aku dan mesin waktu". Tentang artikel ini pernah dibuat pada HIMpersada edisi 2-8 Mei 2021. Silakan cek kembali arsipnya di Kompasiana kesayangan anda ini, he3...

Untuk kesempatan kali ini, kita fokus ke profil singkat penyanyinya saja. Bernama lengkap Virgoun Putra Tambunan, selain dikenal sebagai vokalis Last Child, ia memiliki solo project untuk mengakomodir corak musik pop akustik yang mungkin tidak cocok bila diterapkan dalam format grup band. Sebagai contoh di sekitar tahun 2016-2017, pria kelahiran Bekasi 35 tahun yang lalu ini merilis 2 lagu hits yakni : "Bukti" dan "Surat cinta untuk Starla". Saking populernya lagu yang disebut terakhir ini dijadikan inspirasi dan judul film yang dibintangi Jefri Nichol dan Caitlin Halderman dengan arahan sutradara Rudy Aryanto.

Di penghujung tahun 2018, Virgoun membuat proyek seri lagu berjudul "Meski lewat luka" yang berisi 4 tembang, yakni : Bermain dengan hati, Saat hatiku bertanya, Move on, & Selamat (selamat tinggal). Untuk lagu yang disebut terakhir ini merupakan proyek duet dengan Audy Item. Oh, ya omong2 soal duet, penulis jadi teringat pula satu lagu  kolaborasi Virgoun ( kali ini sebagai lead vokal Last Child ) dengan Giselle Anastasia yang tergolong meledak pada tahun 2012, masih ingat : Seluruh nafas ini ?

Disclaimer : 

Weekly-chart yang saya buat ini bersifat subyektif adanya ( tanpa pengaruh endorse label maupun tim manajemen artis manapun ), jadi kalau ada beberapa tembang favorit anda yang mungkin tidak ada di daftar tangga lagu ini, harap maklum adanya. Namun tiap minggunya, saya tetap pantau juga beberapa chart radio yang menjadi referensi materi dalam meng-update penyusunan lagunya. Terima kasih.

Kritik, kontak & kerjasama : jukeboxlist@yahoo.co.id

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x