Mohon tunggu...
HIMA ESP FEB UNPAD
HIMA ESP FEB UNPAD Mohon Tunggu... Mahasiswa - Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran

Berdasarkan dengan surat keputusan pemerintah No 37 tahun 1957 pada tahun 1957, Program Studi Ekonomi di Universitas Padjadjaran berdiri pada 18 september tahun 1957 dibawah naungan Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran. Pada tahun 1981, dengan berkembangnya sistem pendidikan di Indonesia terdapat perubahan penamaan dari jurusan Program Studi Ekonomi menjadi Program Ekonomi Studi Pembangunan yang didasarkan kepada surat keputusan pemerintah No 27 tahun 1981 tentang peraturan mengenai program studi di tingkat fakultas, yang juga di dukung oleh surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan No: 0133/U/1994 tentang kurikulum nasional. Himpunan Mahasiswa Ekonomi Studi Pembangunan (HIMA ESP FEB Unpad) sendiri berdiri didasarkan kepada kebutuhan mahasiswa akan wadah bagi mahasiswa di jurusan Ekonomi Studi Pembangunan untuk mengembangkan pola pikir, kepribadian serta penerapan yang berkaitan dengan ilmu yang dipelajari agar dapat diterapkan langsung ke masyarakat yang didasarkan prinsip dari, oleh dan untuk mahasiswa. HIMA ESP FEB Unpad sendiri memiliki sistem kerja yang didasarkan oleh rasa kekeluargaan dan juga profesional yang dijalankan secara beriringan agar tujuan serta visi dan misi dari HIMA ESP FEB Unpad tersebut dapat tercapai.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Peningkatan Startup Teknologi

14 Desember 2023   17:30 Diperbarui: 14 Desember 2023   17:45 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

by : Nazwa Febriani e!23

Startup adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada perusahaan yang baru saja dirintis dan masih dalam tahap pengembangan. Definisi lain menurut Blank dan Dorf (2012), startup adalah perusahaan yang bersifat sementara dengan tujuan untuk mengidentifikasi model bisnis dalam situasi yang belum pasti. Dalam kata lain, startup adalah langkah awal dalam menemukan model bisnis baru. Startup sendiri identik dengan inovasinya dalam teknologi digital berdasarkan perkembangan zaman sebagai keunggulannya.

Perusahaan startup sangat eksis dalam sektor perekonomian Indonesia dan mencapai titik puncaknya pada saat pandemi covid-19 yang juga didorong oleh kecerdikannya dalam mencari celah, peluang, serta strategi untuk beradaptasi dengan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia pada saat itu. Meskipun sering dikaitkan dengan sektor teknologi, perusahaan startup juga dapat ditemukan di berbagai sektor lain.

Karakteristik Perusahaan Startup 

1. Inovasi

Startup sangat perlu untuk berinovasi dalam perkembangannya karena melalui inovasi produk yang mereka hasilkan itulah yang nantinya akan membuat dampak dan manfaat untuk pemecahan masalah dalam pasar.

2. Pertumbuhannya yang cepat

Perusahaan rintisan satu ini memiliki potensi pertumbuhan cepat sangat besar yang ditunjang juga oleh faktor perubahan perilaku konsumen yang sudah mulai paham dengan pemanfaatan teknologi.

3. Fleksibilitas

Perusahaan startup cenderung lebih fleksibel dan mampu beradaptasi terhadap perubahan pasar dan kondisi eksternal.

4. Risiko tinggi

Walaupun fleksibel dan mudah beradaptasi, startup sebenarnya memiliki risiko yang sangat tinggi mengingat perusahaan ini masih dalam tahap pengembangan dan rentan terhadap kegagalan jika tidak melakukan riset pasar dengan benar.

5. Sumber daya terbatas

Sudah menjadi ciri khas startup juga untuk mempunyai sumber daya dalam skala kecil, termasuk anggaran, sumber daya manusia, dan infrastruktur.

6. Keterlibatan teknologi

Teknologi memainkan peran sentral dalam operasional, produk, dan layanan yang dikembangkan oleh startup.

Transformasi digital ikut andil dalam peningkatan startup teknologi. Transformasi digital memberi peluang untuk startup teknologi untuk mengembangkan inovasinya secara revolusioner. Startup teknologi dapat mencapai keuntungan yang lebih besar, keunggulan kompetitif, dan kondisi efisien dengan apa yang teknologi digital sediakan. Dengan memanfaatkan teknologi digital seperti kecerdasan buatan, big data, Internet of Things, dan platform digital, startup juga bisa menambahkan nilai tambah yang unik di mata pelanggan. Melalui media sosial dan platform digital, startup dapat melakukan riset pasar dan pengumpulan data mengenai preferensi dan perilaku pelanggan, sehingga startup dapat mengoptimalkan model bisnis mereka. 

Reference

Suwarno, D. J., & Silvianita, A. (2017). Knowledge sharing dan inovasi pada industri startup. Jurnal Ecodemica, 1(1), 98-106.

Hidayat, T., Sari, D. Y., & Azzery, Y. (2020). Analisa Prediksi Pertumbuhan Start-up Di Era Industri 4.0 Menggunakan Metode Markov Chain. Teknokom, 3(2), 1-7.

Dalimunthe, M. B. (2017). Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 3(2), 140-153.

Marpaung, S. F., Siregar, H. Z., Abdillah, F., Fadilla, H., & Manurung, M. A. P. (2023). Dampak Transformasi Digital terhadap Inovasi Model Bisnis dalam Start-up Teknologi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 6111-6122.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun