Mohon tunggu...
Hilyatul Ulya
Hilyatul Ulya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ig : ulyahly__

life must go on

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Keseruan dalam Acara Reuni Sekolah

21 April 2022   20:35 Diperbarui: 21 April 2022   20:51 467 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

KESERUAN DALAM ACARA REUNI SEKOLAH

Siapa sih tidak mengenal reuni, semua pasti tau reuni itu apa. Siapa yang belum mengerti arti reuni ? sini-sini simak penjelasan ini. Reuni adalah suatu perkumpulan beberapa orang atau lebih yang didasarkan sebuah acara temu kengan dengan kerabat, sahabat, dan teman sekolah. Reuni juga dapat mengikat silatuhrami dengan teman yang lama tidk bertemu atau bisa juga dengan yang tidak ada komunikasi. 

Acara reuni atau yang dapat disebut dengan sebutan halal bihalal yang sering diadakan pada saat bulan puasa atau pasca lebaran idul fitri tidak hanya sebagai ajang hiburan semata, reuni harus bisa bermakna dan harus dimaknai lebih dari sekedar acara melepas kangen atau mengenang memori pada saat bersama-sama di sekolah. Reuni harus bisa memberikan bermanfaat, terutama kemanfaatan sosial.

Dengan adanya acara reuni sekolah harusnya dapat dan bisa dijadikan momen atau peristiwa untuk bersama-sama berkomitmen sebagai pemberian kontribusi dan dukungan yang nyata kepada lingkungan sekitarnya. Dapat dimulai dari hal terkecil seperti santunan anak yatim, berbagi takjil, bansos, dan lain sebagainya. 

Acara reuni dapat dimanfaatkan juga sebagai ajang untuk berbagi informasi sekaligus untuk memperluas pengetahuan yang dimiliki setiap peserta reuni. Dengan begitu acara reuni sekolah bermanfaat bukan sekedar bermain-main saja. Tetapi reuni berkesan dengan adanya kegiatan sosial yang diadakan oleh panitia reuni sekolah.

Reuni bukanlah ajang untuk memamerkan kedudukan setiap orang, bukan juga ajang siapa yang berhasil atau siapa yang tidak berhasil. Namun reuni adalah suatu persatuan untuk mempersatukan suatu iktan yang sudah lama putus dan tidak adanya sapaan lagi dari satu teman keteman yang lain. 

Dengan begitu setiap orang memiliki partisipasi atas acara yang digelar untuk momen dan silaturahmi yang sudah lama tidak terjalin. Dalam acara reuni pastinya akan banyak alumni yang memamerkan pakaian atau sebagiannya, akan tetapi jangan buat hal itu dapat membedakan anata satu alumni ke alumni lainnya. Hal itu tidak patut untuk di tiru, sebagai alumni yang baik harus bisa menjaga perasaan orang lain.

Keseruan reuni harus bisa membuat alumni menjadi aktif, aktif dalam menyampaikan pendapat, aktif dalam berbagi pengalaman yang pernah dialami. Dengan begitu dapat memotivasi alumni lainnya. Keseruan bisa dikaitkan dengan permainan seperti bernyanyi dan memegang barang kemudian dikelilingi dan apabila lagu berhenti maka orang itu dapat menceritakan pengalaman atau mengingat momen masa lalu saat sekolah.

Dalam acara reuni yang seru terdapat panitia yang menysun acara dengan sebaik mungkin. Agenda yang dipersiapkan dengan matang dan penuh semangat. Maka dengan itu hargai apapun hasil dan keadaan yang telah disiapkan oleh panitia. Dengan begitu acara reuni sekolah berjalan dengan lancar dengan apa yang diharapkan. 

Reuni sekolah dapat mengumpulkan satu dua alumni atau lebih dengan keadaan yang bagus dan nyaman. Adanya reuni sebagai bentuk partisipasi menyambungkan ikatan silaturahmi pada seluruh alumni. Mengingat momen masa lalu di sekolah bersama teman adalah hal unik dan lucu. Dengan begitu reuni menjadi seru dan banyak tawa yang ada di dalam acara reuni tersebut.

Setiap agenda pasti sudah dipersiapkan secara matang, maka dengan itu hendaknya adakan kegiatan sosial untuk kemanfaatan bersama. Kegiatan sosial dapat bermanfaat dengan baik dan bijak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan