Mohon tunggu...
Hilal Muhammad Faiz
Hilal Muhammad Faiz Mohon Tunggu... Mahasiswa

Tertarik dengan dunia sains, teknologi, dan pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tiga Mahasiswa Pendidikan Fisika UNNES Lantip 5 Mengembangkan Modul Ajar Inovatif untuk Pembelajaran Fisika

10 September 2025   14:27 Diperbarui: 10 September 2025   16:09 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa praktikan Pendidikan Fisika UNNES Lantip 5 di SMA Sedes Sapientiae Semarang 

Program UNNES Lantip kembali diselenggarakan tahun ini dengan tajuk UNNES Lantip 5 oleh Universitas Negeri Semarang (UNNES) bekerja sama dengan satuan-satuan pendidikan/sekolah mitra UNNES. Dalam kegiatan UNNES Lantip 5 di SMA Sedes Sapientiae Semarang, tiga mahasiswa program studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Semarang (UNNES), yaitu Anisa Dwi Febrianti, Sasongko Jati, dan Hilal Muhammad Faiz berhasil menciptakan karya inovasi pembelajaran berupa modul ajar/RPP mapel fisika. Modul ajar ini berisi rencana kegiatan pembelajaran fisika materi gerak melingkar dan dibuat berdasarkan kegiatan pembelajaran fisika kelas XI dan fase F yang ada di SMA Sedes Sapientiae Semarang. 

Secara umum, modul ajar ini dirancang sebagai panduan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran fisika dan pegangan bagi peserta didik mengenai kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan, khususnya dalam mapel fisika materi gerak melingkar. Dengan menggabungkan model pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning atau PBL), diskusi kelompok, integrasi laboratorium virtual, dan media pembelajaran visual dalam bentuk presentasi PowerPoint (PPT), modul ajar ini diharapkan dapat menjadi pedoman pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi peserta didik. Evaluasi/asesmen yang dirancang dalam modul ajar ini didesain berdasarkan tiga aspek penilaian peserta didik, yaitu aspek kognitif, aspek psikomotorik, dan aspek afektif serta dilengkapi oleh kegiatan refleksi dan pengayaan/remidial, sehingga menyediakan instrumen asesmen yang akurat dalam mengukur kemampuan peserta didik setelah mempelajari materi gerak melingkar.

Modul ajar ini diharapkan dapat memberikan perubahan positif dan berdampak signifikan terhadap proses pembelajaran fisika di SMA Sedes Sapientiae Semarang. Selain itu, modul ajar ini juga diharapkan dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik. Hadirnya modul ajar ini dalam kegiatan pembelajaran fisika di SMA Sedes Sapientiae Semarang merupakan manifestasi dari peran mahasiswa sebagai agen perubahan dan inovator masa depan, khususnya dalam bidang pendidikan.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun