Semakin cerdas dan kritisnya pelanggan dalam menilai sebuah produk tentu menjadi tantangan yang besar untuk menarik perhatian mereka dan menjadikannya sebagai pelanggan yang loyal. Â Menurut Kotler yang dikutip dalam jurnal yang dibuat oleh Ahmad Merdalis mengungkapkan, setidaknya ada 6 kenapa pelanggan yang loyal kehadirannya sangat penting untuk sebuh bisnis sebagai berikut:
1. Pelanggan yang loyal adalah mereka yang lebih prospektif, di mana artinya akan memberikan dampak yang baik bagi sebuah bisnis
2. Untuk mendapatkan pelanggan baru jauh lebih mahal, dibandingkan dengan memberikan treatment pelanggan yang telah loyal
3. Pelanggan yang sudah percaya terhadap sebuah produk, akan lebih mudah untuk percaya dengan produk lainnya
4. Biaya operasional yang dikeluarkan sebuah instansi atau bisnis akan jauh lebih murah
5. Mampu mengurangi biaya psikologis dan sosial, karena pelanggan yang loyal telah memiliki pengalaman yang positif terhadap sebuah instansi atau produk
6. Pelanggan yang loyal akan merekomendasikan sebuah instansi atau produk secara mudah.
Mengingat pentingnya kehadiran pelanggan loyal, hampir semua pelaku bisnis akan melakukan berbagai strategi untuk mendapatkannya karena itu menjadi tugas yang tidak mudah untuk dilakukan. Untuk itu beberapa strategi berikut ini bisa kamu lakukan untuk menggaet lebih banyak pelanggan loyal.
1. Berikan reward bagi pelanggan lama
Kamu bisa memikirkan bagaimana cara terbaik untuk memberikan reward bagi pelanggan loyal. Memberikan mereka spesial diskon, hadiah, atau mungkin meet and great bersama brand ambassador yang kamu miliki bisa menjadi cara terbaik untuk menarik perhatian mereka.
2. Berikan update terbaru melalui email marketing
Cara yang paling efektif untuk memberikan info terbaru tentang produk yang kamu miliki tentu dengan menggunakan email marketing. Pasalnya tidak semua pelangganmu membuka media sosial yang kamu miliki, sehingga dengan mengirimkannya secara langsung menjadi langkah yang paling tepat untuk dilakukan.Â
Kehadiran email marketing bagi sebuah brand tentu tidak hanya sebatas itu saja, kamu bisa mengirinkan ucapan selamat ulang tahun, atau momen penting lainnya secara spesial. Dan yang perlu kamu ingat, setiap orang suka diperlakukan secara spesial dan itulah konsep dari email marketing yang bisa kamu manfaatkan.
3. Aktiflah di media sosial
Untuk mendapat engagement yang baik, media sosial menjadi wadah yang paling tepat untuk dipilih. Kamu dan para pelanggan bisa saling terhubungn dan berkomunikasi lewat fitur chat yang selalu ada di setiap media sosial. Selain itu, menyajikan konten yang bermanfaat dan memberikan solusi juga sangat diharapkanÂ
4. Selalu berusaha untuk menjadi lebih baik
Selalu meningkatkan kualitas produk dan pelayanan dari tahun ke tahun menjadi tugas besar yang harus dilakukan setiap pemilik bisnis atau usaha. Langkah ini dilakukan agar semua pelanggan yang kamu miliki tidak mudah pindah ke tempat lain.Â
Semua strategi di atas bisa berjalan dengan lancar jika kamu mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan. Pelanggan yang puas akan percaya dengan produk yang kamu miliki dan menjadikan mereka pelanggan yang loyal.Â
Sebagai pemilik cafe, coffee shop, resto, dan lainnya yang memiliki fasilitas internet, kamu bisa memaksimalkan fasilitas free wifi untuk mengenal semua pengunjung layaknya teman dekat bersama HIGOspot. Ciptakan strategi pemasaran yang tepat sasaran dan jangkau lebih banyak customer loyalty bersama kami.Â