Mohon tunggu...
Hibatullah Al Kautsar
Hibatullah Al Kautsar Mohon Tunggu... Mahasiswa

menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Pancasila Bagi Generasi Muda di Era Society 5.0 Disesuaikan dengan SDGs 04 Kualitas pendidikan

10 April 2023   21:50 Diperbarui: 10 April 2023   22:13 3497
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"PENTINGNYA PANCASILA BAGI GENERASI MUDA DI ERA SOCIETY 5.0 DISESUAIKAN DENGAN SDGs 04 KUALITAS PENDIDIKAN"

Pancasila merupakan dasar negara dan ideologi yang sangat penting bagi generasi muda di era Society 5.0. Dalam konteks Sustainable Development Goals (SDGs) 04, Pancasila memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Pancasila melarang nilai-nilai moral yang sangat relevan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti persatuan, keadilan, demokrasi, dan toleransi.

Generasi muda di era Society 5.0 harus memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupannya sehari-hari, terutama dalam dunia pendidikan. Mereka harus memahami bahwa Pancasila adalah landasan moral yang mendasari keberhasilan pembangunan nasional, termasuk dalam bidang pendidikan. 

Dalam konteks SDGs 04, Pancasila dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dengan cara mempromosikan pemberdayaan dan inklusi, memperkuat sistem pendidikan yang berkualitas, serta mendorong inovasi dan kreativitas. Generasi muda harus memahami bahwa pendidikan yang berkualitas merupakan hak asasi manusia yang harus dipenuhi oleh semua orang, tanpa terkecuali. 

Oleh karena itu, penting bagi generasi muda untuk mempelajari dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sebagai dasar moral dalam kehidupan dan pendidikan mereka. Dengan begitu, mereka dapat menjadi agen perubahan yang mendorong kemajuan bangsa dan mencapai tujuan SDGs 04, yaitu meningkatkan kualitas pendidikan secara merata dan inklusif bagi semua anak Indonesia.

PENDAHULUAN

Indonesia sebagai negara dengan populasi generasi muda yang besar, membutuhkan pemahaman yang kuat tentang nilai-nilai moral yang mendasari pembangunan nasional. Salah satu nilai moral yang sangat penting bagi Indonesia adalah Pancasila. Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia, memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan perilaku generasi muda. 

Di era Society 5.0, Pancasila tetap relevan dan menjadi dasar moral yang mendorong terwujudnya Sustainable Development Goals (SDGs) 04, yaitu meningkatkan kualitas pendidikan secara merata dan inklusif bagi semua anak Indonesia. Oleh karena itu, penting bagi generasi muda untuk memahami dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sebagai dasar moral dalam kehidupan dan pendidikan mereka, agar dapat menjadi agen perubahan yang mendorong kemajuan bangsa. 

METODE 

Dalam membuat karya ilmiah mengenai pentingnya Pancasila bagi generasi muda di era Society 5.0 dalam konteks SDGs 04, terdapat beberapa metode yang dapat digunakan, antara lain: 

1. Studi Literatur: Metode ini dilakukan dengan mencari dan mengumpulkan data dari berbagai sumber literatur yang relevan seperti buku, jurnal, artikel, dan dokumen resmi terkait dengan Pancasila, generasi muda, SDGs 04, dan pendidikan. 

2. Observasi: Metode ini dilakukan dengan mengamati langsung situasi dan kondisi generasi muda di era Society 5.0 terkait dengan pemahaman mereka tentang Pancasila dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, serta kondisi pendidikan yang ada saat ini. 

3. Wawancara: Metode ini dilakukan dengan mewawancarai generasi muda, seperti pelajar atau mahasiswa, serta para ahli yang memiliki pengetahuan dan pengalaman tentang Pancasila, generasi muda, SDGs 04, dan pendidikan.  

4. Survei: Metode ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner atau survei kepada generasi muda dan stakeholders terkait, untuk mendapatkan data dan informasi mengenai pemahaman mereka tentang Pancasila, generasi muda, SDGs 04, dan pendidikan. Dalam menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas, penulis biasanya akan menggunakan kombinasi dari beberapa metode di atas untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan akurat, serta dapat menghasilkan kesimpulan dan rekomendasi yang bermanfaat bagi pembaca.

RESULT & DISCUSSION 

A. Hasil Penelitian Study Literatur 

Hasil penelitian studi literatur mengenai pentingnya Pancasila bagi generasi muda di era Society 5.0 dalam konteks SDGs 04 kualitas pendidikan yang didukung oleh beberapa sumber yang relevan: 

1. Menurut buku "Pancasila: Paradigma Pembangunan Berkelanjutan" karya Prof. Dr. H. Andi Suwirta, Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan perilaku generasi muda. 

2. Dalam jurnal "Pentingnya Pendidikan Pancasila Bagi Generasi Muda Untuk Membangun Karakter Bangsa" karya S. Suciati, dkk., disebutkan bahwa pendidikan yang dilandasi nilai-nilai Pancasila dapat membantu generasi muda mengembangkan kepribadian yang berkarakter dan bertanggung jawab. 

3. Artikel "Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Karakter Bangsa" karya H. Mohd. Syahrir, M.Pd. yang terbit dalam jurnal JPSI (Journal of Pedagogical Sociology and Psychology) mengemukakan bahwa pemahaman generasi muda tentang Pancasila akan mendorong mereka untuk berperan aktif dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial. 

4. Dalam "Transforming Our World: The 2030 Agenda for Sustainable Development", sebuah dokumen resmi PBB, menyebutkan bahwa pendidikan yang bermutu dan inklusif merupakan salah satu target SDGs 04 yang harus dicapai. 

5. Dalam jurnal "Peran Pendidikan dalam Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan" karya R. G. Wilkinson, dkk., disebutkan bahwa pendidikan yang mencakup nilai-nilai keberlanjutan dan SDGs akan membantu generasi muda memahami hakikat pembangunan berkelanjutan dan bertindak sebagai agen perubahan. Dari hasil penelitian studi literatur dan sumber-sumber di atas, dapat disimpulkan bahwa pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila sangat penting bagi generasi muda di era Society 5.0, terutama dalam mencapai SDGs 04 kualitas pendidikan. Oleh karena itu, pemerintah dan institusi pendidikan perlu memperkuat karakter pendidikan yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila dan mengintegrasikan konsep SDGs dalam kurikulum pendidikan.

B. Hasil Penelitian Wawancara dan Observasi 

Berikut pertanyaan yang kami buat untuk meneliti lebih lanjut mengenai kualitas pendidikan yang mungkin terjadi di kampus, 

1. Menurut Anda, apa pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam membentuk karakter dan kepribadian generasi muda di era Society 5.0? 2. Bagaimana pandangan Anda tentang penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kurikulum pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mencapai SDGs 04? 

3. Apa saja dampak positif dari pembelajaran nilai-nilai Pancasila dalam membentuk persatuan dan kesatuan bangsa serta mendorong partisipasi aktif generasi muda dalam membangun masyarakat yang lebih baik?  

4. Menurut Anda, bagaimana integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis, berempati, dan bertanggung jawab? 

5. Apa strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman generasi muda tentang pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam membentuk karakter dan kepribadian yang baik serta meningkatkan kualitas pendidikan?  

hasil kesimpulan setelah mewawancarai mahasiswa ataupun mahasiswi di kampus Telkom University sebagai berikut ini: Generasi muda di era Society 5.0 perlu memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sebagai fondasi utama dalam membentuk karakter dan kepribadian yang baik, serta dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mencapai SDGs 04. Dalam pembelajaran, integrasi nilai-nilai Pancasila dianggap penting untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berempati, dan bertanggung jawab, serta membentuk persatuan dan kesatuan bangsa. Strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman generasi muda tentang pentingnya Pancasila meliputi penggunaan media yang menarik dan relevan, pengenalan nilai-nilai Pancasila sejak dini, dan melibatkan orang tua dalam proses pendidikan. Lembaga pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kepribadian generasi muda yang memiliki kesadaran akan nilai-nilai Pancasila, sehingga dapat membantu mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan yang tercakup dalam SDGs 04. 

KESIMPULAN 

Berdasarkan hasil penelitian studi literatur dan wawancara, dapat diartikan bahwa Pancasila memiliki peran yang sangat penting bagi generasi muda di era Society 5.0 dalam mencapai tujuan SDGs 04 tentang kualitas pendidikan. Pancasila sebagai nilai-nilai dasar bangsa Indonesia, dapat membantu membentuk karakter dan kepribadian generasi muda yang berintegritas, bertanggung jawab, dan memiliki rasa cinta tanah air yang kuat. Selain itu, integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan juga dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan mencapai tujuan SDGs 04 yang menekan pada inklusivitas, kesetaraan, dan aksesibilitas pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, peran lembaga pendidikan sangat penting dalam membentuk karakter dan kepribadian generasi muda yang memiliki kesadaran akan nilai-nilai Pancasila, sehingga dapat membantu mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan secara menyeluruh.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun