Mohon tunggu...
Hety
Hety Mohon Tunggu... Ilustrator - selalu bersyukur dan bahagia

Be Grateful

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Negara Destinasi Hati

24 Desember 2019   23:13 Diperbarui: 27 Desember 2019   08:01 123 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(sumber: wikipedia.org)

Ambisi dalam diriku pernah begitu membara, kala usiaku menginjak 13 tahun. Cita-cita terukir tinggi di putihnya awan, dengan tinta yang sangat jelas terbaca. Setiap pagi menjelang, dengan keras aku membaca, aku ingin ke Jepang dan Korea Selatan. Tempat di mana oppa-oppa ganteng dan onnie-onnie cantik bersemayam. Tak pernah berkurang sedikitpun bahkan terus bertambah setiap detiknya.

Tapi jujur, jika sekarang aku ditanya ke mana destinasi luar negeri yang ku impikan? Selain untuk ibadah dan memperdalam ilmu agama? Kurasa tidak ada. Saat ini, mungkin bisa dikatakan diri ini sedang berada pada tahap menata ulang hidup sesuai dengan ke mana hati ini ingin pergi dan jiwa ini ingin kembali. Impian dan ambisi yang dahulu pernah begitu membara hilang. Aku telah memikirkan negara-negara yang indah dengan segala kemewahan dunianya, namun tidak ada satupun yang menarik hatiku. Aku hanya ingin datang ke 3 Masjid yang Allah spesialkan. Rincinya akan ku ceritakan lain waktu.

Namun, apabila dipaksa memilih, diri ini akan memilih negara di mana ambisi pernah begitu membara yaitu di negara Jepang dan Korea Selatan. Dahulu, impian sekedar impian, tak pernah diri ini memikirkan alasan yang rumit mengapa ingin pergi ke Korea Selatan dan Jepang. Alasanku hanya karena aku menyukai 2PM. 

2PM adalah boyband asal Korea Selatan yang terkenal dengan lagu "Hand's Up", 2PM berada di bawah naungan JYP Entertainment sebuah label musik besar dan sangat terkenal di Korea Selatan saat itu. Jika kalian tahu, dan pernah suka, sepertinya umur kita tak jauh berbeda. Namun, jika kalian tidak tahu kalian bisa ketik di mesin pencari setelah menyelesaikan membaca tulisanku ini.

Sejauh mana persiapanku mengejar mimpi ini? Dahulu waktu aku berusia 15 tahun aku banyak mencari informasi terkait beasiswa gratis ke luar negeri, utamanya ke negara Korea Selatan dan Jepang. Aku bahkan belajar membaca dan menulis hangeul (aksara Korea Selatan) dan kanji (aksara Jepang). Bahkan aku bisa beberapa percakapan sehari-hari dengan Bahasa Korea dan Jepang. Semuanya kupelajari sendiri, otodidak dengan aplikasi di android, seringnya nonton drama korea, hingga menyanyikan lagu anak-anak berbahasa Korea dan Jepang untuk lebih mudah mengingat dan memahami. 

Oh iya, untuk negara Jepang sendiri, alasanku sama kok karena 2PM dan beberapa boygroup/girlgroup Korea Selatan lainnya. Yap, mereka teramat sering menggelar konser di negara Jepang bahkan mereka memiliki album khusus berbahasa Jepang. Jelas saja, aku menginginkan dapat menonton konser dan bertemu dengan mereka. Selain itu, aku adalah penggemar AKB 48 dan Anime. Kalian pasti tahu, cewek-cewek cantik dari AKB 48 kan, juga anime-anime seperti Naruto, One Piece dan The Exorcist dan lainnya. 

Aku sempat ingin mendaftar ke SMA dengan tujuan utama belajar Bahasa Jepangnya doang loh, namun orangtua dan kakak tidak mengijinkan. Nilai sih tidak masalah, bahkan aku bisa memilih ke mana saja karena nilai UN-ku tinggi saat itu, rata-ratanya setiap mata pelajaran mendapatkan nilai 9 lebih. Namun, karena aku tak mau menentang keputusan orangtua akhirnya aku harus mengurungkan niat tersebut dan mengikuti ke mana kemauan orangtua dan kakak-kakakku.

Oh iya, belum kujabarkan alasan baruku mengapa ingin ke Korea Selatan dan Jepang. Kali ini pandanganku sudah mulai meluas, tak melulu soal oppa-oppa ganteng dan anime. Alasannya adalah karena besarnya pengaruh kedua negara tersebut. Pengaruh? Yap, pengaruh yang diberikan kedua negara ini kepada Indonesia sungguh teramat besar. Korea Selatan dengan budaya k-wave nya menghantam anak muda Indonesia. Kalian pasti merasakannya bukan? Bagaimana saat ini korea dan jepang menjadi pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan anak muda di Indonesia. Mulai dari hiburan, makanan, hingga lifestyle. Bahkan aku salah satu yang ikut terbawa arus menyukai Hallyu selama tujuh tahun lamanya. Sungguh waktu yang teramat lama ya, dan sungguh pengaruhnya dalam hidupku sangat besar. 

Tentunya, tren yang diciptakan ini (Hallyu) akan berdampak sangat baik pada perekonomian negara tersebut. Apapun yang diiklankan seakan menarik dan sangat dipandang berkualitas. Sedangkan untuk negara Jepang, aku kagum dengan segala kedisiplinan masyarakatnya. Dengan konsep-konsep baru mereka mampu menciptakan sebuah tren gaya hidup modern bahkan diadopsi hingga ke luar negeri. Contohnya adalah konsep Kaizen dan KonMari yang sangat populer di banyak negara. Orang-orang Jepang juga tidak diragukan lagi, mereka mampu membuktikan kepada dunia bahwa mereka bisa menguasai perekonomian.

Selanjutnya, wisata di Korea Selatan dan Jepang sungguh menarik wisatawan. Terutama di Korea Selatan, bagi para pecinta drama korea tak lengkap rasanya bila para pecinta drama korea ini ke Korea tanpa mengunjungi wisata-wisata yang ada dalam drama. Di Korea terdapat pulau yang sangat dikenal oleh para penggemar drama korea karena sering digunakan sebagai tempat syuting. Dengan branding yang mewah dan indah oleh para pelaku industri kreatif di sana, wisata di sana mampu menarik jutaan wisatawan asing. Pulau tersebut adalah Pulau Jeju, kalian pasti tidak asing dengan nama pulau ini kan? Benar sekali, kalau tidak salah nih pulau ini ada di banyak drama yang diperankan oleh Lee Min Ho. Siapa sih yang gak kenal dengan Lee Min Ho? Aktor yang beberapa waktu lalu sempat berlibur ke Bali. Nah, jika diibaratkan di Indonesia mungkin pulau ini sama istimewanya dengan Pulau Bali. Wisatawan luar yang belum mengunjungi Bali dirasa kurang lengkap liburannya kan, sama nih jika kalia ke Korea Selatan,  Pulau Jeju salah satu wisata yang pantang dilewatkan. Selain itu masih ada wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di sana. Jika kamu sudah punya pasangan pas banget kalau kamu berlibur ke sini. Kemana? Yak, betul kemana lagi kalua bukan ke Namsan Tower. Selain dapat menikmati pemandangan Korea yang indah dari bukit, kalian bisa sekalian mengunci hati pasangan kalian di sini loh. Hehehe bukan pasangannya yang dikunci terus ditinggal pulang yaa. Tapi, di sini ada sebuah tempat bernamakan Love Lock yang dipercaya sih bakal langgeng kalau nulis nama di sini dan kalian kunci deh hati pasangan kalian dengan gemboknya. Hehehe, tapi jangan percaya beginian ya, takutnya malah dosa loh.

Nah kalau di Jepang, tempat yang terkenal di sana adalah Disneyland. Tentunya Tokyo Disneyland adalah tempat yang wajib dikunjungi jika ke Jepang terlebih jika anda liburan bersama anak. Sayang banget kalau kamu ke Jepang tapi kamu gak mampir ke sini. Selain itu ada juga wisata yang cukup menarik yaitu Mercusuar Sunosaki yang pernah dipakai untuk syuting AKB 48 - Aitakata dan Kuchibiru Ni Be My Baby. Mercusuar ini merupakan salah satu mercusuar terbesar di Jepang dengan tinggi 15 meter. Penggemar AKB 48 pasti tau deh tempat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan