Mohon tunggu...
Hesdo Naraha
Hesdo Naraha Mohon Tunggu... Freelancer - Sharing for caring by "Louve" from deep Instuisi-Ku

God Is Good All The Time 💝

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Hospitality, Adakah Keramahan Itu?

17 Juli 2022   15:40 Diperbarui: 17 Juli 2022   21:09 485 13 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi menjamu tamu di rumah (SHUTTERSTOCK/CLICK AND PHOTO)

Dalam keseharian, kita akan selalu bertemu dengan begitu banyak orang-orang baru. Sebagian dari mereka datang, lalu kita sempat berjabat tangan dan bertukar nama, kadang pun kita juga bertukar nomor handphone dan media sosial. 

Syukurlah, mereka ini biasanya akan menjadi teman dalam waktu yang cukup panjang, tetapi seiring berjalannya waktu tidak akan selalu bertahan lama. 

Adapun sebagian dari mereka yang hanya sekadar datang, lalu pergi, adapun yang hanya lewat begitu saja tanpa ada singgah barang sebentar saja. 

Syukurlah, mereka ini tidak akan merepotkan ingatan kita untuk menambah daftar baru ke dalam rentetan ingatan kita, sehingga bertemu dengan mereka adalah sebuah kebetulan yang menyenangkan.

Bagaimanakah sikap ku?

Menjumpai orang baru sering kali menjadi saat paling menyebalkan bagi sebagian orang, pasalnya mengingat-ingat orang lama saja membutuhkan waktu yang tidak sedikit, lalu datanglah yang baru; bagi mereka yang merasa demikian, pertemuan itu selayaknya kutukan karena akan selalu terjadi lagi dan lagi. Walaupun demikian, kehadiran orang-orang baru tanpa disadari turut berpengaruh terhadap kehidupan kita, sekalipun kecil, tetap saja berpengaruh.

Destructive. Kita akan menjumpai orang-orang yang sangat pesimis dengan kehadiran orang lain, mereka akan sangat marah dan merasa tersaingi jika kedatangan orang baru. 

Alasan mereka sederhana "dia itu orang asing, jangan mudah percaya dengannya." Sikap ini didasari atas prasangka, padahal tidak selalu benar dan juga akurat prasangka tersebut. 

Sebenarnya sikap semacam ini tidak selalu salah, dalam kondisi tertentu kita memang perlu mengandalkan prasangka untuk menjaga diri. Karena pada prinsipnya, para psikolog percaya bahwa kondisi ini merupakan bentuk dari sistem pertahanan diri yang kita punya. Namun tidak juga baik, jika terlalu berlebihan. Kata para filosof stoa 'segala yang berlebihan tidaklah baik'.

Constructive. Sebagian orang sangatlah terbuka dengan kehadiran orang-orang baru dalam kehidupannya, mereka sangat bergembira jika kedatangan seorang teman baru, ataupun hanyalah tamu; dia yang sekadar lewat saja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan