Hendro Santoso
Hendro Santoso Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kabar Terbaru Laga Persija Lawan Newcastle Jets di Liga Champions Asia

12 Februari 2019   10:24 Diperbarui: 12 Februari 2019   11:00 87 9 7
Kabar Terbaru Laga Persija Lawan Newcastle Jets di Liga Champions Asia
Riko Simanjuntak (Foto Aseanfootball.org)


Pada kualifikasi pertama Liga Champions Asia 2019, Persija Jakarta berhasil menang dengan skor 3-1 atas Home United klub asal Singapore. Laga tersebut digelar di Stadion Jalan Besar, Kallang, Singapore, pada Selasa (5/2/2019) kick off mulai pukul 18.30 WIB.

Menurut The AFC.com (6/2/19), dalam laga tersebut sebenarnya Persija hanya menghasilkan 2 gol melalui Beto Goncalves dan Marko Simic sedangkan satu gol lainnya dicetak karena bunuh diri Ho Wai Lun, bek Home United yang salah mengantisipasi bola sehingga masuk ke gawang sendiri. Alberto Goncalves mencetak gol di menit ke-54 dan Marko Simic di menit ke-31.

Dengan hasil ini Persija berhak melaju ke babak kualifikasi kedua dalam laga melawan wakil Australia, Newcastle Jets. Menurut rilis The AFC.com (6/2/19), laga tersebut akan dihelat di Stadion McDonald Jones, Selasa (12/2/2019) pukul 19.00 WIB.

Bertemu klub Australia, Newcastle Jets bagi Persija adalah untuk yang pertama kalinya. Namun demikian ada hal yang istimewa dalam laga nanti karena ada striker mereka yang pernah bermain di Mitra Kukar sekitar 3 tahun lalu. Dia adalah Roy O'Donovan.

Menurut Transfermarkt.co.uk (5/2/19), sejak meninggalkan Mitra Kukar, Roy Donovan meneruskan kariernya di Liga Australia yang terkenal dengan A-League. Pada 1 Juli 2015, dia memperkuat Central Coast Mariners untuk dua musim yaitu tahun 2015/2016 dan 2016/2017. Donovan berhasil mengemas 19 gol di kompetisi A-League. Pada  musim berikutnya hijrah ke Newcastle Jets, di musim pertamanya sejauh ini Donovan baru mencetak 9 gol.

Striker Newcastle Jetsets, Donovan pasti sudah mengenal karakter permainan klub-klub dari Liga Indonesia karena pengalamannya merumput bersama Mitra Kukar. Hal ini harus mendapat perhatian skuat Persija. Kendati demikian persiapan Persija tentu saja tidak fokus untuk satu pemain saja karena pemain lain dari klub Australia ini masih buta kekuatannya.

Pelatih Ivan Kolev dalam waktu dekat ini tentu saja akan mencari informasi kekuatan Newcastle Jets. Prioritas tetap focus pada kekuatan sendiri lebih diutamakan. Persiapan fisik yang harus ditingkatkan mengingat klub Australia ini memiliki pemain dengan fisik Eropa.

Persija dengan kekuatan yang sekarang masih cukup memberikan rasa optimis menghadapi laga ini. Duet Beto dan Simic semakin kelihatan padu. Mereka didukung dua sayap dan dua gelandang yaitu Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu, Sandi Sute dan Novri Setiawan. Hanya saja lini belakang mereka harus lebih solid lagi. Mereka adalah Andritany Ardhiyasa sebagai kiper dan 4 bek Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Maman dan Tony Sucipto.

Menggunakan formasi 4-4-2 yang merupakan pilihan Ivan Kolev sudah tepat dengan menggabungkan duet striker Beto Goncalves dan Marko Simic. Mungkin Kolev hanya perlu sedikit meningkatkan fisik mereka dalam menghadapi laga ini mengingat Newcastle Jets memiliki level yang masih berada diatas Persija. Namun demikian harus tetap optimis dan tetap semangat Macan Kemayoran. Menolak untuk menyerah sebelum peluit akhir berbunyi. Bravo Indonesia.