Hendro Santoso
Hendro Santoso Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Sebaiknya Barcelona Jangan Remehkan Chelsea, Ini Alasannya

14 Maret 2018   05:57 Diperbarui: 14 Maret 2018   07:03 919 6 4
Sebaiknya Barcelona Jangan Remehkan Chelsea, Ini Alasannya
Cesc Fabregas (Foto Premierleague.com)

Laga 16 besar Liga Champions Eropa leg kedua antara Barcelona melawan Chelsea berlangsung di Camp Nou pada Kamis (15/3/18) 2.45 WIB. Melihat catatan head to head diantara mereka seperti dilansir UEFA.com (12/3/18), dari 13 pertemuan mereka Barcelona menang 3 kali sedangkan Chelsea menang 4 kali sisanya mereka bermain imbang sebanyak 6 kali dengan masing-masing sudah menghasilkan 19 gol.

Lionel Messi berhasil memecahkan telor di Stamford Bridge ketika sebuah gol pertamanya tercipta ke gawang Chelsea pada leg pertama 20 Februari 2018 yang lalu. Menurut para pengamat gol tandang ini menjadi hal yang sangat penting dan menguntungkan bagi Barcelona terutama ketika mereka menjamu Chelsea di Camp Nou. 

Bisa jadi begitu namun juga bisa tidak karena jika Chelsea berhasil menyarangkan sebuah gol saja ke gawang Barcelona dan mereka tidak mampu membobol gawang Chelsea maka klub London Utara itu yang akan lolos ke 8 besar.

Adalah seorang Antonio Conte, sosok yang sangat berperan meracik apa yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan Barcelona, sebuah tim yang memiliki filosofi menyerang total. Setelah bermain imbang 1-1 di Stamford Bridge, adalah suatu kewajaran bagi The Blues harus dengan hati-hati saat leg kedua melawan Barca di Camp Nou, memperebutkan sebuah tempat di perempat final Liga Champions.

Sejauh ini Conte memang dihadapkan pada pertandingan terberat musim ini, namun dirinya tahu bahwa pemainnya perlu persiapan yang bukan saja sekedar matang dan solid namun juga harus penuh percaya diri untuk mengklaim kemenangan atas Barcelona di Spanyol.

Bukan pekerjaan mudah memang namun jika hal ini dilakukan Pelatih asal Italy ini dalam mempersiapkan skuatnya dengan berbagi tanggung jawab dengan para pemainnya yang akan bermain dengan Barcelona. Maka menjadi kolaborasi yang penting bagi The Blues Chelsea. 

Setiap pertandingan harus dipilih starting eleven, karena pemain adalah pemain dan manajernya adalah manajernya. Tapi Conte sangat menyadari dalam laga lawan Barcelona akan lebih penting untuk melibatkan pemain secara total dan kemudian mencoba mendengarkan untuk menyusun rencana terbaik dalam laga di Camp Nou.

"Kami memainkan laga penting ini tidak akan mudah, tapi kami harus berusaha menemukan solusi terbaik untuk menghadapi laga ini. Kami pasti selalu bermain sangat bagus tapi ketika harus bermain melawan Barcelona, yang menurut saya adalah salah satu yang terbaik di dunia, maka Anda harus siap untuk menderita, seperti yang kami rasakan di leg pertama, di mana saat itu kami terlihat hampir sempurna." Demikian kata Antonio Conte penuh kewaspadaan seperti dilansir Chelseafc.com (12/3/18).

Walaupun demikian Conte mengakui bahwa Ini bukan Chelsea yang memiliki pengalaman hebat, namun Conte memiliki banyak pemain yang bermain di musim pertama dan kedua di kompetisi Liga Champions. 

Dengan penuh percaya diri Conte bertekad dan harus bekerja sebagai sebuah tim dan mencoba untuk siap menghadapi saat-saat yang sulit dalam laga tersebut. Namun setiap saat mereka, skuat The Blues Chelsea harus tahu bahwa mereka masih bisa memiliki kesempatan untuk mencetak gol.Antonio Conte juga tetap realistis karena dia menyadari bagaimana kemampuan skuat Barcelona yang akan mendominasi pertandingan tersebut apalagi bermain di kandang. 

Untuk itu Chelsea harus menunjukkan tingkat  kesabaran dan konsentrasi yang tinggi dalam meredam agresivitas mereka sambil menunggu kesempatan untuk memanfaatkan peluang serangan balik yang efektif.

Saatnya Barcelona harus tetap berhati-hati terhadap geliat Chelsea dan jangan remehkan seorang Antonio Conte karena dia hanya butuh satu gol saja tanpa gawangnya kebobolan untuk melaju ke perempat final Liga Champions.  

#hensa14032018

Baca berita Liga Champions Eropa di Kompasiana