Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mimpi Tidak Sekadar Bunga Tidur

27 Oktober 2020   06:08 Diperbarui: 27 Oktober 2020   06:22 880 98 35 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mimpi Tidak Sekadar Bunga Tidur
Ilustrasi ayah dan anak perempuan - foto: Keelco23/pixabay.com

"Selamat tidur, semoga mimpi indah"

Sejak kecil kita sudah akrab dengan ucapan dan bisikan itu. Memang, tidak ada seorang pun yang ingin mengalami mimpi buruk ketika tidur. 

Menurut penelitian yang sudah terbukti secara ilmiah, semua orang saat tidur selalu bermimpi, tetapi hanya 80 persen dari semua orang yang mengingat mimpi mereka. Mimpi tidak hanya bentuk keberadaan manusia, bahkan sangat penting untuk raga maupun jiwa. 

Konon, mimpi itu tidak sekadar bunga tidur, yaitu khayalan di bawah alam sadar kita. Sebagian dari mimpi kita memiliki maknanya sendiri. 

Sejak jaman dahulu, mimpi dipercaya sebagai pesan tidak langsung dari dewa dan *demon. Raja Persia Xerxes percaya bahwa mereka hanya bisa memenangkan pertempuran jika orakel (peramal) berbicara kepada mereka dalam mimpi.

(*Demon, dalam mitologi Yunani, adalah roh, biasanya roh orang yang sudah meninggal.)

Saya termasuk orang yang jarang bermimpi ketika tidur, atau mungkin lebih tepat dikatakan jarang ingat dengan mimpi. Mungkin saya termasuk di dalam bagian 20 persen orang yang lupa dengan mimpinya.

Bagaimana dengan arti dari mimpi?

Saya juga bukan orang yang menganggap bahwa setiap mimpi itu memiliki makna. Tetapi, pernahkah kalian bermimpi dan menjadi kenyataan?

Ayah dan saya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN