Mohon tunggu...
Hendrik V Sihombing
Hendrik V Sihombing Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Memiliki keinginan untuk terus mengembangkan diri dibidang ilmu pengetahuan, sosial, dan teknologi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

USU Atasi Persoalan Air Bersih di Desa Sihusapi Kabupaten Samosir

30 November 2022   02:01 Diperbarui: 30 November 2022   17:36 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berbagai permasalahan di masyarakat datang silih berganti. Tidak sedikit permasalahan tersebut masih belum menemukan solusinya sampai saat ini. Berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, Universitas Sumatera Utara melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat, Sabtu (04/07/2022).

Pengabdian Masyarakat berlangsung di Desa Sihusapi, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Persoalan mendasar yang sampai saat ini masih dihadapi masyarakat di Desa Sihusapi Kabupaten Samosir yakni ketersediaan air bersih yang sangat minim. Meskipun, Kabupaten Samosir terdapat Danau Toba, namun kenyataannya pada daerah tertentu ketersediaan mata air tanah yang cukup dalam menyebabkan beberapa Desa seperti Desa Sihusapi cenderung mengalami kekurangan air bersih.

Mengingat bahwa desa kami berada diatas bukit sehingga sangat kesulitan dalam pemenuhan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, semakin dipersulit ketika musim kemarau, kondisi ini telah terjadi bertahun-tahun, ucap Simarmata selaku Kepala Desa Sihusapi.

Melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sumatera Utara, Prof. Himsar Ambarita dan  Hendrik V Sihombing melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan melakukan pembangunan penampung air dan membangun sistem distribusi air di Desa Sihusapi.

Penampungan digunakan untuk mengumpulkan air yang berasal dari mata air kecil dan mendistribusikan air bersih dengan menggunakan prisip gravitasi sejauh 1 kilometer ke rumah warga Desa Sihusapi.

Himsar Ambarita berharap dengan adanya Pengabdian Masyarakat yang dilakukan USU dapat membantu masyarakat agar kebutuhan air bagi masyarakat di Desa Sihusapi Kabupaten Samosir terpenuhi sepanjang tahun.

Kepala Desa Sihusapi Ramhot Simarmata yang turut hadir dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim Dosen Universitas Sumatera Utara atas pembangunan penampungan dan distribusi air ke tempat warga Desa Sihusapi.

Dengan adanya kegiatan pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan Universitas Sumatera Utara ini, semoga dapat membantu masyarakat dimana selama ini sangat kekurangan air bersih, sebagai Kepala Desa saya berharap bila memungkinkan kegiatan ini harus tetap berlanjut, dan kami siap bekerjasama dengan pihak USU nantinya, tutupnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun