Mohon tunggu...
helloayu
helloayu Mohon Tunggu... AYU KUSMINI HASIBUAN

MAHASISWA KKN DR 127 UIN SUMATERA UTARA. FAKULTAS ILMU SOSIAL JURUSAN ILMU SOSIAL

Selanjutnya

Tutup

Digital

Optimalisasi Gadget sebagai Alat Bisnis di Masa Pandemi

16 Agustus 2020   13:06 Diperbarui: 16 Agustus 2020   13:10 305 1 0 Mohon Tunggu...

Seperti yang telah diketahui oleh semua masyarakat bahwa dunia saat ini tengah mengalami masa dimana virus bernama Covid 19 yang sering dikenal Corona mengintai seluruh warganegara. Termasuk Indonesia yang kini sudah memasuki fase 6 bulan masa pandemi. Dimana hampir semua kegiatan dilakukan dirumah melalui sistem daring.

Salah satu nya dunia pendidikan dimana saat ini para pelajar dan mahasiswa belajar dari rumah dikarenakan masih belum kembali beroperasinya sekolah-sekolah. Seiring berjalannya waktu tidak semua masyarakat bahkan anak-anak pelajar kehilangan akal walau hanya berdiam diri dirumah saja.

Masa pengajaran yang dilakukan para pelajar dengan menggunakan internet membuat mereka cukup kewalahan dikarenakan terbatasnya biaya untuk membeli pulsa internet. Untuk itu, dimasa pandemi seperti saat ini banyak sekali bermunculan kreatifitas demi terus mendapatkan rejeki.

Untuk itulah sistem perbelanjaan online mulai digeluti oleh banyak pelajar. Mulai dari menjadi Resseler Online Shop sampai bisnis kuliner pun terus diincar oleh banyak pelajar. Dikarenakan dimasa pandemi sistem belanja online sangat berkembang pesat dikarenakan masyarakat takut untuk berhadapan langsung dengan orang lain. Dan juga, dengan adanya sistem belanja tersebut masyarakat juga akan tetap menjaga protokol kesehatan seperti anjuran dari pemerintah.

Namun menjadi resseler online shop dan bisnis kuliner pun juga tidak sembarang itu, kita harus mempertimbangkan apakah yang kita jual sesuai dengan pasaran yang ada. Selain itu kita bisa menggunakan gadged kita untuk mempromosikan jualan dengan melalui berbagai macam sosial media seperti instagram maupun facebook. Lebih nyaman melakukan promosi di sosial media tanpa harus menetap disuatu tempat atau datang dari rumah ke rumah. Proses penjualan bisa dilakukan kapan saja, sehingga tidak  memerlukan tempat usaha. Menggingat pandemic yang terjadi dinegara kita dan dituntut untuk stay at home, Agar tidak menyebarkan virus corona. Mempromosikan lewat sosial media lebih muda dan sangat memudahkan proses penjualan.

Beberapa gambar produk juga bisa dapat diambil dengan smartphone kita sendiri. Dengan smartphone yang kita punya, kita bisa menghasilkan produk foto ala Fotografer yang paling sederhana adalah mempertimbangkan arah cahaya sebelum memotret agar objek terlihat lebih tajam, terang, dan mecolok.  Saat memotret pastikan jangan menggunakan fitur zoom pada Smartphone. Lebih baik foto memfoto dengan mendekat ke objek agar hasinya lebih cerah dan alami. 

Perlu diigat juga saat memegang Smartphone usahkan tidak getar/goyang agar hasil fotonya lebih fokus. Kebanyakan Smartphone sudah bisa membantu kita untuk menentukan fokus, klik ke bagian yang ingin mau difoto dan baiasanya selain memeberikan fokus, cahaya akan otomatis diatur juga. Cari angel yang beragam. Agar gambar yang difoto menarik dan tidak monoton karena angel yang selalu sama. Nyalahkan flash saat benar-benar dibutuhkan seperti diruangan gelap.

Begitulah hebatnya penguasaan gadget dimasa ini, walau ditengah pandemi seperti sekarang ini kita tetap dapat terus berkarya walau hanya dirumah saja  Dimasa pandemi seperti ini tidak menyurutkan semangat beberapa pelajar agar dapat mendapatkan pundi pundi rupiah.

Hal ini dapat dijadikan terus sebagai sumber semangat untuk orang lain, dimana jika kita ingin terus berkarya maka mulailah walau hanya dari bagian kecil saja.

Jadi buat kalian yang ngerasa bosan dirumah karena pandemic. Cobalah cari kegiatan yang posistif dan menyenangkan dengan gadget kalian. Tanpa harus melulu melihat sosial media jika mencari hal positif yang dimana dapat menjadikan manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Ayu Kusmini Hasibuan

Mahasiswa KKN DR 127 UIN SU

VIDEO PILIHAN