Mohon tunggu...
Hay Psikolog
Hay Psikolog Mohon Tunggu... Psikolog - Psikolog Klinis

haypsikolog merupakan startup tentang psikologi dan kesehatan mental yang sudah dirintis sejak 2018, banyak konten-konten berkaitan dengan mental issue yang akan dibahas oleh haypsikolog

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tim PKM Psikologi Unesa Gelar Pemeriksaan Psikologis pada Anak ABK

2 Oktober 2022   02:41 Diperbarui: 2 Oktober 2022   06:02 82 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak dalam kategori yang memiliki keterbatasan tertentu dalam aspek, baik kognitif, emosi, fisik, dan sosial. Pada ABK jika mereka mendapatkan penanganan, pengasuhan, dan pembelajaran yang tepat, maka tentunya mereka dapat berkembang dengan optimal. Namun, yang masih di sayangkan adalah ketika orang sekitar, khususnya orang terdekatnya tidak mengetahui kondisi keterbatasan dan juga cara penanganan yang tepat untuk mereka.

Hal ini menjadi fokus perhatian tim PKM Prodi Psikologi FIP Unesa yang beranggotakan Nanda Audia Vrisaba, M.Psi., Psikolog sebagai ketua, Onny Fransinata Anggara, M.Psi., Psikolog dan Satiningsih, S.Psi., M.Si. sebagai anggota. Selain itu, tim PKM juga melibatkan unsur mahasiswa psikologi yang juga memiliki fokus sama dalam bidang perkembangan dan pendidikan ABK. 

Tujuan diadakan PKM Pemeriksaan Psikologis ini tentunya untuk mengetahui gambaran kondisi dan aspek-aspek psikologis yang perlu untuk dikembangkan dari anak.

PKM Pemeriksaan Psikologis bekerjasama dengan SD Negeri Sumorame, Candi, Sidoarjo. Kegiatan ini meliputi pemeriksaan psikologis bagi siswa yang telah melalui proses skrinning guru kelas sesuai dengan karakteristik, asesmen kepada beberapa orang tua, lalu pelaporan hasil kepada sekolah dan orang tua murid. 

Besar harapan dari hasil pemeriksaan psikologis yang dilakukan dapat memberikan masukan yang berarti untuk pihak sekolah dan keluarga untuk membantuk anak bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Kegiatan PKM ini mendapatkan respon positif dari pihak sekolah, orang tua, dan murid, dimana berbagai pihak dapat saling bekerja sama melaksanakan kegiatan dengan lancar. "Semoga dari hasil pemeriksaan psikologis, bisa ditemukan solusi atau saran yang tepat untuk diterapkan kepada murid" ucap salah satu guru yang ikut mengawal kegiatan pemeriksaan psikologis dari awal.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan