H.Asrul Hoesein
H.Asrul Hoesein Wiraswasta

Pemerhati dan Pengamat Regulasi Persampahan | Terus Menyumbang Pemikiran yang Sedikit u/ Tata Kelola Sampah di Indonesia | Green Indonesia Foundation | Jakarta http://asrulhoesein.blogspot.co.id Mobile: +628119772131 WA: +6281287783331

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Rakornas ADUPI Menolak Larangan Penggunaan Kantong Plastik

16 Maret 2019   02:29 Diperbarui: 16 Maret 2019   02:44 85 0 0
Rakornas ADUPI Menolak Larangan Penggunaan Kantong Plastik
Ilustrasi: Rakornas ADUPI di The Adiwangsa Hotel Solo. Sumber: Pribadi

Solo (15/3) - Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) melaksanakan Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) tahun 2019 sehari penuh di Ruang Adma Hotel The Adhiwangsa Solo, Jl. Adi Sucipto No.146, Jajar, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah (15/3) .

Ketum ADUPI Christine Halim dalam pengarahannya pada pembukaan Rakornas menekankan perlunya kekompakan antar anggota ADUPI dalam menghadapi isu-isu plastik yang semakin mengganggu kondisi industri daur ulang plastik. ADUPI akan menciptakan program-program dalam pembinaan dan pengembangan bank-bank sampah di setiap desa/kelurahan di Indonesia. 

Harapan serius Ketum Adupi kepada seluruh anggotanya agar membina hubungan baik dengan pemerintah daerah di Komisariat Daerah (Komda) ADUPI masing-masing provinsi, kabupaten dan kota seluruh Indonesia. Agar pemda bisa memahami keberadaan ADUPI sebagai pelopor kebersihan dengan berperan aktif dalam pelestarian lingkungan hidup melalui daur ulang plastik. 

Rakornas ADUPI juga memutuskan dan mengangkat Justin Wiganda sebagai Wakil Ketua Umum Adupi dan untuk memperkuat jejaring di daerah, Rakornas sepakat membentuk 2 (dua) Komisariat Pengurus Daerah (KPD) Provinsi Nusa Tenggara Barat yang dipimpin oleh Syawaluddin dari Bank Sampah Bintang Sejahtera Mataram serta KPD Provinsi Papua dan Papua Barat yang dipimpin oleh Hery Yusamandra dari Bank Sampah Sorong binaan Yayasan Misool Community Recycling Sorong. 

Rakornas 2019 ini menghasilkan beberapa keputusan strategis untuk penguatan organisasi secara internal dan eksternal. Diantaranya menyikapi hal Kebijakan pemerintah daerah dalam pelarangan penggunaan kantong plastik, ps-foam dan sedotan plastik, cukai kantong plastik, PPn daur ulang plastik. Termasuk perlunya penyatuan sikap atau pemahaman tentang apa itu ramah lingkungan diantara stakeholder. Sekaligus membentuk Tim Perumus dalam menerbitkan kebijakan strategis Rakornas untuk disampaikan kepada pemerintah atau stakeholder lainnya. 

Rakornas kali ini dirangkaikan perayaan HUT ADUPI ke-4 yang cukup sederhana tapi penuh hikmat dan persahabatan sesama anggota dan pengurus ADUPI seluruh Indonesia yang hadir. Terima kasih kepada panitia pelaksana yang telah bekerja maksimal sehingga Rakornas ADUPI ini terlaksana dengan baik, tambah Christine. KPD Joglo kali ini sebagai tuan rumah sekaligus Panpel Rakornas ADUPI yang digawangi oleh Didie Tjahjadi dan Agus Hartono (gif-adupi)