Memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan
Pendidikan merupakan fondasi utama pembangunan bangsa.Â
Kebijakan pendidikan yang tepat tidak hanya menentukan kualitas sumber daya manusia di masa depan, tetapi juga mencerminkan komitmen negara terhadap keadilan sosial dan kemajuan peradaban.Â
Dalam merancang dan melaksanakan kebijakan pendidikan, diperlukan pertimbangan yang menyeluruh, baik dari sisi kebutuhan peserta didik, dinamika sosial, maupun tantangan global.
1. Berorientasi pada Peserta Didik
Pertimbangan paling fundamental dalam kebijakan pendidikan adalah kepentingan peserta didik.Â
Pendidikan bukan sekadar proses penyampaian informasi, tetapi pembentukan karakter dan potensi manusia secara utuh.Â
Oleh karena itu, kebijakan pendidikan harus menyesuaikan diri dengan perkembangan psikologis, sosial, dan intelektual peserta didik.
Misalnya, pendekatan pembelajaran berbasis diferensiasi menjadi penting untuk mengakomodasi keunikan dan gaya belajar tiap anak.Â
Selain itu, kebijakan juga harus mendukung sistem pendidikan inklusif, yang memberikan akses setara bagi anak berkebutuhan khusus, anak dari latar belakang minoritas, atau yang berada di wilayah tertinggal.