Mohon tunggu...
Harlinton Simanjuntak
Harlinton Simanjuntak Mohon Tunggu... Seorang Sarjana Hukum.

Karena bagiku, hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. For to me, living is Christ and dying is gain. Filipi 1:21

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Hari Guru Nasional Tahun 2019

29 November 2019   11:32 Diperbarui: 29 November 2019   11:54 7 0 0 Mohon Tunggu...

25 Nopember 2019

Hari Guru Nasional

-Perubahan adalah Suatu Keniscayaan-

Ada sesuatu yang menarik perhatian banyak orang, khususnya para Guru atau Pendidik, terkait postingan Pidato Menteri Pendidikan di laman kementerian pendidikan.

Isi pidato yang sangat singkat dan mengandung pesan perubahan yang revolusioner.

Sistem pendidikan di Indonesia yang selalu menjadi sorotan bilamana terjadi pergantian Menteri Pendidikan. Banyak orang menaruh harapan baru bilamana diumumkan Menteri Pendidikan oleh Presiden. Tidak ketinggalan, demikian hal nya bagi Menteri Pendidikan sekarang yaitu Nadiem Anwar Makarim.

Dalam pidatonya, Nadiem menyampaikan pesan yang sarat akan perubahan yang revolusioner. Bagaimana tidak, beliau menampilkan isi Pidato yang singkat, padat, dan menantang.

Beliau menyoroti sistem pendidikan selama ini yang membelenggu para Guru dalam memaksimalkan perannya sebagai tenaga pengajar dan pendidik bagi generasi bangsa Indonesia.

Satu kata yang menjadi perhatian bagi saya yaitu "Kemerdekaan". Kata ini seolah-olah mau mengatakan bahwa sebenarnya selama ini Guru di Indonesia dijajah oleh sistem pendidikan yang ada. Guru dijajah oleh aktifitas-aktifitas yang kurang produktif dengan berbagai tanggungjawab administrasi yang sangat banyak. Praktiknya, Guru memiliki sedikit waktu untuk memberikan pengajaran dan pendidikan di kelas bagi siswa-siswa nya.

Guru juga dibatasi oleh kurikulum yang kaku dan kurang fleksibel. Sehinga Guru tidak memiliki "kemerdekaan" dalam mengajar dan mendidik siswanya sesuai dengan kebutuhan para siswa. Sistem pendidikan yang dibangun membuat Guru "terpaksa" harus menyama-ratakan caranya dalam mengajar dan mendidik, padahal setiap peserta didik memiliki kemampuan kognitif yang berbeda-beda.

Harapan baru selalu digaungkan bagi sistem pendidikan di Indonesia terhadap siapa saja yang menjadi Menteri Pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x