Mohon tunggu...
Supir_Kopaja
Supir_Kopaja Mohon Tunggu... Karyawan Swasta -

Seorang pendengar yang baik mencoba memahami sepenuhnya apa yang dikatakan orang lain. Pada akhirnya mungkin saja ia sangat tidak setuju, tetapi sebelum ia tidak setuju, ia ingin tahu dulu dengan tepat apa yang tidak disetujuinya.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan featured

Mencoba 5 Langkah Bisnis Ikan Hias Akuarium Laut

9 Desember 2016   20:41 Diperbarui: 14 Oktober 2020   08:42 2077
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indonesia merupakan Negara besar yang kaya akan sumber daya alam, salah satunya adalah Ikan Hias yang sangat melipah ruah. Hampir 600 jenis Ikan hias di laut laut dan 1500 jenis terumbu tersedia di Indonesia.

Tulisan kali ini saya ingin memberikan informasi penting bagi kalian yang ingin membuaka usaha tetapi belum memiliki ide, usaha ini dibilang susah-susah gampang karena butuh seseorang yang bisa menangani biota yang berasal dari laut, minimal mempunyai keahlian dalam merawat akuarium laut. 

Saya sudah melakukan survey dan riset beberapa tahun belakangan ke pedagang dan terjun langsung menangani beberapa bisnis yang sejenis seperti ini, memancing ikan di kolam itu ibarat sambil menyelam minum air. Begitulah kira-kira, hehehe.... 

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

1. Pemilihan Lokasi

Lokasi menjalankan usaha ikan hias akuarium laut ini sangat mudah, usahakan yang paling penting mudah dicari dan tempatnya strategis, tempat yang luas memungkinkan memasarkan Biota laut lebih mudah dan konsumen pun akan selalu berkunjung.

Salah satu contoh tempat yang sangat strategis adalah di Pusat Promosi Ikan Hias Jl. Sumenep secara konsep sebenarnya tempat ini terletak di kawasan Menteng, Pedagang disana semuanya binaan Pemda DKI Jakarta, yaitu Dinas Kelautan dan Perikanan beserta Dinas UMKM Jakarta Pusat. 

Mungkin bisa menjadi bahan referensi kalian yang mau menjadi Binaan Pemda DKI dan UMKM Jakarta Pusat, nantinya akan dibagi 2 bagian. Yakni, Kelompok Promosi yang menjual beragam jenis ikan hias dan kelompok budidaya.

Salah satu Pedagang binaan Pemda DKI dan UMKM Jakarta Pusat | Photo Koleksi Pribadi
Salah satu Pedagang binaan Pemda DKI dan UMKM Jakarta Pusat | Photo Koleksi Pribadi
2. Target pemasaran

Target pemasaran adalah hal yang terpenting dalam melakukan satu usaha, karena jika kita kurang tepat memilih target pemasaran, kita akan kesulitan untuk memasarkan.

Jika itu terjadi maka akan berpengaruh terhadap penghasilan kita lama kelamaan akan terjadi kebangkrutan dan akhirnya gulung tikar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun