Mohon tunggu...
Hanura Nurul Haq
Hanura Nurul Haq Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Hanura Nurul Haq - Pendidikan Teknik Bangunan UPI Email : hanuranh@upi.edu Instagram : hanuranh Facebook : Hanura Nurul Haq Youtube : Hanura Nurul Haq

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Kesulitan dan Kelebihan Dampak Pandemi Covid-19 Khususnya Saat PPKM terhadap UMKM

27 Juli 2021   18:16 Diperbarui: 27 Juli 2021   18:48 46 1 0 Mohon Tunggu...

Bidang ekonomi menjadi salah satu bidang yang terdampak dengan maraknya kasus Covid-19 di Indonesia. tepatnya pada tanggal 3 juli 2021 tercatat jumlah kasus positif covid 19 melonjak tak terkendali 27.913 kasus per hari.

Dengan melonjaknya kasus positif Covid-19 pemerintah mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ,PPKM yang awalnya akan di rencanakan pada tanggal 3-20 juli 2021 ternyata belum efektif dalam upaya penurunan kasus positif Covid-19 maka dari itu pemerintah terus memperpanjang kebijakan dari PPKM tersebut.

Dengan diperpanjangnya PPKM sangat berdampak pada pedagang atau pengusaha kecil khususnya di wilayah Gegerkalong Tengah kota Bandung Jawa Barat. 

Beberapa pedagang di wilayah Gegerkalong Tengah mengungkapkan bahwa penghasilan yang mereka dapat sangat berkurang drastis dari biasanya,lalu ada pula yang mengatakan bahwa mereka tidak dapat berusaha degan memanfaatkan social media atau aplikasi online lainnya dikarenakan selalu kalah saing dengan pengusaha yang memiliki nama lebih besar,maka salah satu pedagang mengungkapkan satu satunya pemasukan yang dapat diandalkan yaitu dari konsumen yang langsung datang ke tempat.

DOKPRI
DOKPRI

Salah satu pengusaha warung kopi juga sangat mengeluhkan bahwa penghasilan yang mereka dapat benar benar berkurang dari biasanya dikarenakan dari peraturan tidak dapat makan di tempat serta jam operasi yang dibatasi hingga pukul 19.00 WIB,sedangkan usaha warung kopi sangat memanfaatkan jam malam atau banyak konsumen yang berdatangan itu pukul 20.00 WIB ke atas.

Akan tetapi dengan segala peraturan yang ada para pengusaha mau tidak mau harus mengikuti aturan tersebut dan tetap harus berdagang.

Dikarenakan banyak faktor yang mendorong para pengusaha untuk tetap berdagang seperti biaya kehidupan sehari hari yang haru terpenuhi,biaya sekolah anak yang tetap harus dibayar,serta biaya penyewaan kios yang harus mereka lunasi.

Bapak Saptono selaku ketua RT 04 mengharapkan usaha khususnya yang berada di wilayah RT 04 dapat tetap bertahan dan berharap lebih baik kedepannya serta berharap keadaan semakin membaik agar kita bisa kembali berkegiatan normal seperti biasa.

Walaupun dengan adanya dampak pandemi Covid-19 khususnya ketika PPKM ini banyak kesulitannya tidak menutupi juga sedikit ada kelebihannya,salah satu pedagang mengungkapkan satu satunya kelebihan yang di dapat yaitu dikarenakan banyak beberapa akses jalan yang di tutup jadi para pengendara motor lebih banyak melewati wilayah Gegerkalong Tengah dan ada juga ketika pengendara motor melewat beberapa pengendara tersebut mampir untuk membil barang dagangannya sehingga dalam satu hari di prediksi dagangannya pasti akan terjual walaupun sedikit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN