Mohon tunggu...
Hanifah Hann
Hanifah Hann Mohon Tunggu... Be your self

Selalu optimis

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pendekatan Filologi, Hermeneutik dan Wacana dalam Islam

11 Desember 2019   19:02 Diperbarui: 11 Desember 2019   19:20 17 0 0 Mohon Tunggu...

2Pendekatan Filologi

   Kajian filologi berfokus menelaah dan menyunting naskah untuk dapat mengetahui isinya sangat penting untuk dipahami. Cabang ilmu ini memang belum banyak dikenal oleh masyarakat luas, terutama masyarakat islam. Kajian filologi sangat diperlukan. Filologi diartikan sebagai suatu keahlian untuk mengkaji peninggalan berupa tulisan dari kurun waktu beratus-ratus tahun.

Tujuan diadakannya pengkajian di dalam naskah untuk menemukan bentuk teks asli sertaengetahui pengarangnya dengan menyisihkan kesalahan kesalahan didalamnya. Pendekatan filologi terhadap alquran adalah metode tafsir tertua dalam pengkajian agama.

Pendekatan Hermeneutika Dalam Kajian Hukum Islam

Definisi Hermeneutik

    Ialah salah satu seni dalam interpretasi teks. Cara kerja teori ini berusaha untuk memahami teks secara komprehensif. Jadi  teori ini sangat relevan untuk penafsiran teks suci alquram supaya subtilitas intelegendi dan suntilitas escplicandi. Salah satu media untuk mencapainya adalah melakukan metode interpretasi agar tercipta pemahaman keislaman yang fleksibel, kontekstual, tidak statis dan progresif.

Wacana Dalam Studi Keislaman

     Secara terbatas wacana menunjuk pada aturan aturan dan kebiasaan yang mendasari penggunaan bahasa secara lisan maupun tulisan. Secara luas, wacana menunjuk dalam tindakan serta polapola yang menjadi ciri jenis-jenis bahasa. Ada 6 pendekatan utama antara lain:

1. Pendekatan tindak tutur.

2. Pendekatan sosiolinguistik interaksional.

3. Pendekatan etnografi komunikasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN