Mohon tunggu...
Dannu W
Dannu W Mohon Tunggu... Natural Talent

Suka nulis, fotografi, bersepeda, kadang nongkrong sambil ngopi kalau gak ada ganti teh anget

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Gaya Mengemudi Pengendara Roda 2 di Indonesia

21 Desember 2020   11:16 Diperbarui: 21 Desember 2020   11:30 148 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gaya Mengemudi Pengendara Roda 2 di Indonesia
Pengendara Roda Dua - Sumber: Otomotif.kompas.com 

Kendaraan roda dua atau yang lebih dikenal dengan sepeda motor menjadi kendaraan primadona bagi masyarakat Indonesia. Saya dan anggota keluarga juga lebih memilih menggunakan kendaraan ini ketimbang menggunakan kendaraan roda empat. Padahal dari segi keamanan dan kenyamanan terbilang sangat berbeda. Namun dari kemudahan serta waktu tempuh tegolong lebih cepat. Fasilitas yang kurang memadai untuk kendaraan roda empat membuat saya lebih memilih kendaraan roda dua. Dari mulai ukuran lebar jalan, lahan parkir, hingga bantuan emergency yang masih minim.

Kendaraan roda dua atau kita sebut saja motor, juga memiliki kelebihan tersendiri. Mulai dari konsumsi bahan bakar yang irit, ukuran kendaraan yang tidak memakan tempat, hingga kemudahan dalam pengoperasiannya. Hanya saja dalam keseharian ini, gaya mengemudi pengendara roda dua atau motor ini tidak berimbang dengan apa yang dibayangkan.

Saya bukan pengamat otomotif atau pakar transportasi, tapi saya sering melihat pengendara kendaraan roda dua yang tidak patut dicontoh atau sebenarnya mereka belum layak dijalanan. Kenapa ? Saya akan bahas dengan poin-poin berikut :

1. Keamanan Berkendara

Dari segi keamanan berkendara banyak pengendara motor yang tidak menggunakan helm. Dengan alasan jarak yang dekat dan tidak adanya polisi menjadi tameng. Selain itu, banyak pengendara motor yang menggunakan pakaian yang kurang aman. Seperti sarung, rok panjang yang dibiarkan menguntai, hingga gendongan bayi yang tali pengamannya jatuh ke pinggir jok. 

Selain itu, pengendara motor juga jarang sekali menjaga jarak aman dengan kendaraan lainnya. Kadang menyalip kendaraan didepannya tanpa perhitungan yang tepat sehingga menyebabkan kecelakaan yang merugikan banyak pihak. Kendaraan dengan muatan lebih hingga bonceng pepet 3-4 orang yang membahayakan keselamatan bersama.

2. Ketaatan Dijalan Raya

Banyak ditemui di video IG atau tiktok yang mempertontonkan pelanggaran pengendara motor. Mulai dari menerobos lampu merah, melawan arah, hingga berhenti di tempat yang tidak semestinya. Banyak alasan yang dilontarkan mulai dari buru-buru sampai dengan alasan kalau tujuan mereka lebih dekat kalau lewat kesini. Main hape sambil berkendara merupakan hal paling haram dijalanan. Apalagi merokok yang menyebabkan tidak fokusnya berkendara serta mengganggu.

Pengendara lawan arah - Sumber: otomotif.kompas.com
Pengendara lawan arah - Sumber: otomotif.kompas.com

Selain itu juga banyak ditemukan kendaraan dengan plat nomor bodong alias plat palsu. Yang kebanyakan motor tersebut menunggak pajak atau masa berlaku. Belum ada sanksi tegas yang saya lihat dilapangan, banyak pembiaran yang menyebabkan rasa bahwa plat nomor mati bukanlah dosa besar. Padahal plat nomor merupakan identitas yang sangat penting bilamana ada hal mendesak yang terjadi di jalan raya.

3. Rasa Tanggung Jawab Yang Minim

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x