Mohon tunggu...
Hana Hanifah
Hana Hanifah Mohon Tunggu... Ilmu Komunikasi/UIN Sunan Kalijaga

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Jurusan Ilmu Komunikasi NIM: 20107030011

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Natsume Yuujinchou, Anime Fantasi yang Syarat Nilai Kehidupan

7 Maret 2021   13:00 Diperbarui: 7 Maret 2021   19:18 882 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Natsume Yuujinchou, Anime Fantasi yang Syarat Nilai Kehidupan
https://www.zerochan.net/3037332

Hallo sobat! Hari ini, aku disini pengen ngasih rekomendasi anime nih! Anime apa tuh? Penasaran? Yuk ikutin terus penjelasanku nanti!

Anime yang pengen aku rekomendasiin adalah Natsume Yuujinchou atau dalam bahasa Indonesianya biasa disebut Buku Persahabatan Natsume. Anime ini adalah anime bergenre slice of life yang paling bagus menurut aku selain Barakamon. Anime ini memiliki 6 season yang berisi 74 episode, dengan satu season berisi sekitar 12-13 episode.

Anime ini syarat akan nilai kehidupan loh sobat. Bisa dibilang anime ini berisi cerita-cerita suka dan duka dari orang-orang maupun youkai serta ayakashi disekitar Natsume. Buat kalian yang gak tahu apa itu Youkai sama Ayakashi biar aku kasih tahu. Youkai itu sebenernya adalah hantu, setan, monster, siluman dan yang lain-lain. Sedangkan ayakashi sendiri lebih pada penampakan, sekelebat bayangan, sinar atau cahaya. Tapi kalo aku salah maafin ya!

Mari kita lupakan perbedaan antara youkai dan ayakashi. Sekarang mari bahas anime Natsume Yuujinchou ini. Natsume Yuujinchou ini bercerita tentang kehidupan Natsume Takashi setelah ia pindah ke desa kelahiran neneknya. Natsume adalah seorang anak yang istimewa ia bisa melihat Youkai dan Ayakashi yang tidak dapat dilihat oleh orang biasa. Dan karena kemampuan istimewanya tersebut, natsume selalu di sebut pembohong dan dikucilkan sejak ia kecil karena ia sering menyebutkan hal-hal yang tidak terlihat pada orang lain. Seiring bertambahnya umurnya, natsume pun berhenti menyebutkan Youkai.

Cerita Natsume Yuujinchou ini dimulai setelah ia pindah menjadi anak angkat dari keluarga Fujiwara. Keluarga Fujiwara ini terletak di kampung halaman neneknya, Natsume Reiko. Setelah ia pindah ke lingkungan yang baru tersebut, ia dikejar-kejar youkai lagi. Seperti yang biasa Natsume lakukan, ketika ia dikejar oleh youkai, ia pun langsung pergi ke kuil yang tidak bisa dimasuki oleh youkai. Setelah ia pergi kekuil, meskipun ia bisa menghindari kejaran youkai tersebut, ia masih tidak selamat. Ia tiba-tiba tersandung segel yang kemudian membebaskan ayakashi yang sangat kuat bernama Madara. Madara lalu mengambil bentuk Maneki Neko atau kucing keberuntungan. Madara akhirnya dinamai Nyanko Sensei oleh natsume.

Setelah pembebasan Madara, nantinya Madara akan melindungi Natsume namun gantinya adalah Natsume menyerahkan Yuujinchou atau buku persahabatan padanya setelah natsume mati. Yuujinchou atau buku persahabatan ini sebenarnya adalah buku yang berisi nama-nama Youkai yang pernah ditaklukkan oleh nenek Natsume, yaitu Natsume Reiko. Mengapa buku persahabatan ini berharga? Karena siapapun youkai yang menyerahkan namanya kepada seseorang, maka youkai tersebut bisa dikendalikan oleh orang yang mengetahui namanya tersebut. Dan Reiko mengumpulkan banyak nama Youkai yang artinya ia punya banyak bawahan Youkai. Buku Persahabatan ini berisi banyak nama-nama youkai yang telah di taklukkannya. Natsume Reiko sendiri sama dengan Natsume, ia bisa melihat youkai dan dikucilkan oleh orang lain. Yang berbeda antara Natsume Takashi dan Natsume Reiko adalah Natsume reiko adalah orang yang menaklukkan Youkai dan Natsume Takashilah yang akan membebaskannya.

Karena adanya buku persahabatan inilah, Natsume nantinya akan sering dikejar youkai untuk mengambil bukunya tersebut. Disaat yang sama ia juga harus membantu banyak youkai. Iapun nantinya akan berteman dengan banyak youkai dan manusia.

Yang membuat aku terkesan sama Anime ini sebenarnya adalah banyaknya cerita didalamnya yang bisa membuat kita tertawa dan menangis. Dan menurutku, perasaan yang digambarkan oleh anime ini benar-benar mendalam. Natsume dulunya adalah orang yang suram yang hampir membenci Youkai dan manusia diwaktu yang sama, namun dia akhirnya bersahabat bersama mereka. Petualangannya dengan madara dalam menjelajahi hidup membuatnya mengerti bahwa ada sesuatu yang penting yang harus ia lindungi. Dan perjalanan itu membuatnya bertemu dan berteman dengan berbagai macam jenis orang yang berbeda.

Lalu disini aku pengen kenalin kalian sama tokoh-tokoh sentral anime ini. Tokoh selain tokoh utama yang paling penting disini adalah Nyanko-Sensei. Nyanko sensei ini memiliki bentuk imut ketika ia menjadi bentuk kecil dan bentuk luar biasa ketika ia menjadi besar. Nyanko-sensei sendiri memiliki sifat Tsundere dan terkadang terbawa oleh peran kucingnya. Karena ia bukan kucing asli.

Selain Madara atau Nyanko-Sensei, tokoh yang cukup penting dan juga termasuk tokoh kunci adalah Natsume Reiko. Natsume Reiko adalah nenek dari Natsume dan yang menaklukkan banyak Youkai. Ia terkenal dikalangan Youkai sebagai orang yang kuat. Beberapa Youkai yang ditangkapnya bisa di bilang menyayanginya.

Selain itu ada Keluarga Fujiwara, keluarga ini adalah seorang pasangan suami istri yang tidak memiliki anak, merekapun akhirnya mengadopsi Natsume Takashi. Lalu ada Nishimura dan Kitamura serta Sasada. Nishimura dan Kitamura adalah teman Natsume sejak ia pindah di SMA barunya. Sedangkan Sasada sendiri memiliki cerita di Season 1 dengan seorang youkai. Ketiga orang tersebut bersama natsume adalah teman yang baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x