Mohon tunggu...
Hamim Thohari Majdi
Hamim Thohari Majdi Mohon Tunggu... Lainnya - Penghulu, Direktur GATRA Lumajang dan Desainer pendidikan

S-1 Filsafat UINSA Surabaya. S-2 Psikologi Untag Surabaya. penulis delapan (8) buku Solo dan sepuluh (10) buku antologi

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Arti Sebuah Nama pada Anak Lesti Kejora

3 Oktober 2022   20:34 Diperbarui: 3 Oktober 2022   20:41 221 14 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

ARTI SEBUAH NAMA PADA ANAK LESTI KEJORA

Prahara Rumah tangga Lesti Kejora dengan Rizky Billar membuat warga net turut urun rembuk perihal nama buah hati hasil kasih biologis pasangan "romantis" ini, karena tersemat dalam salah satu kata pada nama anaknya Leslar mudahlah ditebak  Leslar adalah gabungan dari nama Lesti dan Billar.

Sebuah risiko dari ketenaran dan memiliki penggemar fanatik, seperti Aremania yang sedang dirundung duka atas tragedi Kanjuruan. Mereka turut geram atas perilaku suami Lesti, maka tak pantas namanya melekat dan disandang oleh anaknya dan sejuta alasan lain.

ARTI SEBUAH NAMA

Pada zaman dahulu kala Shakespeare menulis novel yang menceritakan kisah romantis Romeo dan Juliet menyebutnya "apalah arti sebuah nama, sekuntum mawar tidak akan berubah aroma harum dan wangi bila diberi nama lain".

Pernyataan di atas merupakan ungkapan simbolik pada esensi dari sebuah mawar yang memiliki karakter dan keunggulan yakni harum wangi, bahwa sesuatu atau seseorang tidak semata kepada sebuah nama secara tekstual, tetapi kualitasnya terletak pada sifat dan karakternya atau orang timur mengebut dengan akhlak dan etika.

Kalau saja nama tidak memiliki makna, mengapa orang tua memilih nama yang tepat untuk buah hatinya, tidak cukup sampai di sini, saya memiliki teman hobi memelihara burung kontes, ia menyematkan nama kepada burung kesayangannya "Sogleng'  teman saya memberi arti nama tersebut dari plesetan lampu sokle, sinarnya tajam menatap siapa saja, wal hasil Sogleng selalu membawa pulang tropi juara satu berkicau, sogleng selalu bersinar di mana-mana dan meredupkan wibawa para lawan.

Atas keterbatasan orang-orang jazam dahulu, pemberian nama anak merujuk dari hal-hal sederhana seperti sutil, resek, balok dan lainnya. Menyematkan nama buah hatinya dari apa yang dilihat saat kelahiran sang jabang bayi. Meski begitu mereka tetap mengharap dari nama yang ada anaknya kelak  menjadi seperti arti dan fungsi namanya misal sutil, memiliki makna agar menjadi orang yang mudah menolong orang, sebagaimana sutil untuk membolak balik gorengan, balok artinya kokoh dan bisa bermanfaat serta nama-nama lain, bahkan nama khas yang beredar di Jawa yaitu Untung, Bejo, Slamet, Waras dan sejenisnya, mudahlah diartikan makna yang tersirat.

NAMA PANGGILAN

Sebagai kelengkapan identitas terdapat nama lengkap dan nama panggilan, tidak semua nama panggilan diambil dari penggalan nama lengkap  (contoh budi laksono dipanggil pak Budi) tetapi ada juga nama julukan misal si kurus adalah nama panggilan nama pemain tim nas Kurniawan Dwi Yulianto, ndut (gendut) panggilan seseorang yang memiliki tubuh tambun.

Begitu juga anak lesti Kejora nama lengkapnya  Muhammad Leslar Al-Fatih Billar dipanggil dengan L, panggilan ini dalam pandangan kelompok tertentu sebuah panggilan yang berat, maksudnya dalam menjalani hidup nanti penuh dengan kesusahan, menanggung hal-hal yang berat, intinya mereka meramalkan dan mengartikan panggilan nama L ini perlu dipertimbangkan untuk diganti bila ingin masa depannya ceria.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan