Mohon tunggu...
Muhammad Hamid Habibi
Muhammad Hamid Habibi Mohon Tunggu... Guru - Calon guru

Belajar lagi... Belajar mendengarkan, belajar memahami, belajar mengatur waktu, belajar belajar belajar... belum terlambat untuk belajar...

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Channel Youtube Batik Sam Culinary

3 Oktober 2019   19:24 Diperbarui: 3 Oktober 2019   19:42 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hampir selalu memakai batik di setiap video dok. Pri

"Halo Batik Sam" celetuk teman saat bertemu kemarin. Panggilan Batik Sam ini muncul karena di channel youtube saya selalu memakai baju batik hampir di setiap video. Sempat ada kritik dari beberapa teman, kenapa harus pakai batik? Kenapa tidak pakai kaos layaknya youtuber-youtuber lainnya, agar terlihat lebih trendy. 

Sebelum saya menjawabnya, terlebih dahulu perkenalkan dulu channel youtube yang saya miliki. Channel ini bukan mengangkat tema kebudayaan apalagi perbatikan, channel youtube ini bertemakan kuliner alias makan-makan.

Nama channelnya Takis Sam Kulinery, dimana takis diambil dari bahasa malangan (walikan) yang aslinya sikat. Sedangkan Sam juga dari bahasa malangan yang aslinya Mas (kakak).

Channel Takis Sam Kulinery ini sejak awal membahas kuliner-kuliner yang ada di Malang dan sekitarnya. Baik berupa kuliner legendaris, streetfood, maupun makanan murah meriah langganan mahasiswa. Sekarang channel yang berumur hampir satu tahun ini sudah memiliki subscriber sekitar 1.400 an, ayo bantuin subscribe juga yaaa.. Hehehe 


Kembali ke Batik Sam tadi, sejak awal membuat channel saya memang sengaja memakai batik saat review makanan. Di video perdana misalnya, saat mereview mie iblis Gacoan Malang saya juga memakai baju batik. Alasan yang paling utama adalah rasa nyaman. Saya merasa nyaman saat memakai batik, sudah terbiasalah intinya. Setiap harinya memang saya memakai baju batik untuk aneka kegiatan. 

Masih ada beberapa alasan lain kenapa saya lebih suka memakai batik saat mereview makanan di youtube. Antara lain:
- Sebagai ciri khas. Saya rasa belum ada youtuber kuliner yang mempunyai ciri khas memakai batik saat mereview makanan. Jadi di Takis Sam ini, baju batik menjadi salah satu ikon atau ciri khasnya.
- Membumikan kembali batik. Sekarang ini batik seperti dianggap sakral, kita hanya memakai batik di acara-acara terrtentu saja. Seperti acara kondangan, hajatan, carnaval, tempoe doeloean, dan acara yang lainnya. Akibat persepsi inilah banyak dari kita yang malu memakai batik untuk kegiatan sehari-hari. Jadi lewat channel youtube ini kita mencoba untuk membiasakan lagi memakai batik dimanapun dan kapanpun.
- Tak punya baju lain selain batik. Nyatanya hampir semua baju yang saya miliki di lemari ya baju batik tadi. Untuk baju varian lain bisa dihitung jari alias sedikit. 

Tak apalah Takis Sam menjadi Batik Sam, karena saya bangga memakai baju batik sebagai salah satu kebudayaan nusantara yang kita miliki. Bagi teman-teman janganlah malu memakai batik, ayo kita pupuk rasa bangga. Karena batik bagian dari Indonesia tercinta, selamat hari batik!!! 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun