Muhammad Hamid Habibi
Muhammad Hamid Habibi pelajar/mahasiswa

Belajar lagi... Belajar mendengarkan, belajar memahami, belajar mengatur waktu, belajar belajar belajar... belum terlambat untuk belajar...

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Jojo Tumbang, Ginting Menang di Hari Pertama Japan Open 2018

11 September 2018   18:14 Diperbarui: 11 September 2018   18:58 630 1 1
Jojo Tumbang, Ginting Menang di Hari Pertama Japan Open 2018
Jojo dan ginting (foto dari tribunnews)

Turnamen bulu tangkis dunia kembali di gelar setelah beberapa minggu break karena perhelatan Asian Games pekan lalu. Para peraih medali emas Asian Games kemarin juga langsung berpartisipasi di turnamen Daihatsu Yonex Japan Open 2018. Sebut saja Jonathan Christie tunggal putra, minion di ganda putra, Zheng/Huang di ganda camputan, Tai Tzu Ying di tunggal putri serta Chen/Jia turut bertanding di turnamen ini.

Sayangnya tiga dari lima peraih medali emas yang berlaga hari ini, ada satu pemain yang mengalami kekalahan dan dua di antaranya melaju ke babak selanjutnya.

Jojo sapaan Jonathan Cristie harus menerima kekalahan dari tunggal putra India Prannoy H. S. dalam dua set langsung 18-21 dan 17-21. Sangat disayangkan memang karena Jojo harus tersingkir di babak pertama Japan Open, padahal banyak orang yang menaruh harapan lebih untuk pemain muda ini.

Di sisi lain peraih emas di ganda campuran Zheng/Huang berhasil mengalahkan pasangan ganda campuran dari Indonesia Ricky/Debby dalam dua set langsung. Wakil dari Tiongkok ini menang dengan skor 21-14 dan 21-12. Sedang Tai Tzu Ying yang meraih emas di tunggal putri berhasil mengalahkan Soniia Cheah dari Malaysia. TTY yang kini masih berada di peringkat satu dunia ini menang dengan skor 21-18 dan 21-18.

Selain Jojo dan Ricky/Debby, masih ada  enam wakil Indonesia yang berjuang di hari pertama ini. Di tunggal putra ada Ginting yang menang melawan NG Ka Long Angus dengan skor 21-14 dan 21-15. Sedangkan Tommy Sugiarto harus mengakui keunggulan Chen Long dengan Rubber game 21-12, 17-21 dan 14-21.

Di tunggal putri Gregoria kembali menunjukkan tren positifnya, ia berhasil mengalahkan Kosetskaya dari Rusia dengan skor 21-18 dan 21-17. Kemenangan juga diraih tunggal putri lainnya yaitu Lyanny yang mengalahkan  Polikarpova dengan skor 21-10 dan 21-8.

Kemenangan juga diraih oleh dua wakil ganda campuran kita. Praveen/Melati berhasil mengalahkan Tabeling/Seinen dengan skor 21-15 dan 22-20. Serta Hafiz/Gloria yang mengalahkan Mark/Isabel dari Jerman dengan skor 21-13 dan 21-17.

Lima kemenangan dan tiga kekalahan di hari pertama Japan Open ini merupakan hasil yang cukup positif. Semoga di nomer ganda putra dan ganda putri yang baru bertanding esok hari juga bisa meraih kemenangan. Sehingga masih terus ada harapan bagi Indonesia untuk merebut gelar di turnamen bergengsi ini. Amiin.