Mohon tunggu...
Hamdali Anton
Hamdali Anton Mohon Tunggu... Guru - English Teacher

Saya adalah seorang guru bahasa Inggris biasa di kota Samarinda, Kalimantan Timur. || E-mail : hamdali.anton@gmail.com || WA: 082353613105 || Instagram Custom Case : https://www.instagram.com/salisagadget/ || YouTube: English Itu Fun

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ini 3 Pencapaian Recehku di Tahun 2020

31 Desember 2020   22:30 Diperbarui: 31 Desember 2020   22:33 318
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (TheDigitalArtist via pixabay.com)

Setiap orang sebentar lagi akan menghadapi akhir tahun 2020. Tahun 2021 sudah di depan mata. Suka duka selama 2020 sangatlah banyak untuk diungkapkan. Mungkin jika dibeberkan secara panjang kali lebar akan menghabiskan sejumlah besar gorengan dan tak terhitung berapa liter kopi yang diminum.

Sepanjang tahun 2020, banyak hal yang menjadi kenangan manis maupun pahit, namun tentu saja, seperti yang sudah diutarakan di atas, selain membutuhkan waktu untuk menceritakan yang memerlukan "konsumsi" makanan dan minuman secara berlebihan, juga harus melewati beberapa purnama.

Tapi di sini saya hanya akan menyebutkan 3 (tiga) pencapaian receh yang saya peroleh di tahun 2020. Mungkin tidak berguna bagi Anda, tapi sangat berarti bagi saya.

Kalau Anda merasa tulisan ini tidak bermanfaat dan hanya membuang-buang waktu Anda untuk membacanya, silakan Anda berhenti membacanya sampai di sini, namun jika Anda pikir ada gunanya untuk membaca tulisan saya tentang pencapaian receh yang saya gapai di tahun 2020, silakan Anda teruskan membacanya.

Tiga pencapaian receh yang saya peroleh di tahun 2020 yang penuh pergumulan ini adalah:

1. Mendapat K-Rewards

Ilustrasi (Kompasiana)
Ilustrasi (Kompasiana)
Selama "berkelana" di Kompasiana sejak 2016, saya sudah beberapa kali mendapat K-Rewards, meskipun masih bisa dihitung dengan jari. Dari yang nominal puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah sudah pernah saya dapatkan.

Di tahun 2019, saya sedikit terbantu dengan K-Rewards yang saya peroleh. Ketika itu saya membutuhkan dana untuk suatu keperluan dan K-Rewards datang pada saat yang tepat.

Setelah itu, saya lebih disibukkan dengan kegiatan mengajar dan berbisnis online, sehingga saya seperti "kapal selam". Timbul dan tenggelam. Kadang menulis, membuat tulisan di K, kadang tidak menulis sampai berminggu-minggu, bahkan sampai berbulan-bulan.

Pandemi covid-19 membuat saya mempunyai waktu lumayan cukup banyak untuk menulis kembali di K. Meskipun kegiatan mengajar dan berbisnis online tetap jalan, namun ada kerinduan untuk menulis di platform Kompasiana secara rutin setelah sebelumnya hanya sesekali, mungkin tiga atau empat hari sekali baru posting tulisan, atau malah seminggu sekali baru menayangkan artikel.

Saya menggunakan metode menulis one day, one writing hanya sebagai terapi supaya penyampaian materi pelajaran ke peserta didik bisa lebih clear dan juga barangkali tulisan saya dapat bermanfaat bagi warganet.

Ternyata, keuntungan lain yang saya peroleh adalah saya mendapatkan K-Rewards selama beberapa kali. Tercatat sejak Maret sampai Desember 2020 ini, saya telah mendapat empat kali K-Rewards, yaitu periode April, Mei, September, dan Oktober 2020. Yah, dibandingkan kompasianer lainnya, pencapaian saya masih receh dalam jumlah K-Rewards, tapi sangat membantu saya dalam mendanai hobi saya di K.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun