Mohon tunggu...
Hamdali Anton
Hamdali Anton Mohon Tunggu... Guru - English Teacher

Saya adalah seorang guru bahasa Inggris biasa di kota Samarinda, Kalimantan Timur. || E-mail : hamdali.anton@gmail.com || WA: 082353613105 || Instagram Custom Case : https://www.instagram.com/salisagadget/ || YouTube: English Itu Fun

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Duduk Manis dan Terima Beres

10 Juni 2018   23:21 Diperbarui: 10 Juni 2018   23:48 1316
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Apakah duduk atau orangnya yang manis ^_^? (hello-pet.com)

Kadang-kadang susah jadi guru bahasa.

Saya guru Bahasa Inggris, dan kalau ada pengucapan murid yang kurang tepat, maka saya akan memberikan contoh cara mengucapkan kata tersebut dengan tepat, lalu meminta siswa atau siswi tersebut untuk mengulangi pengucapan yang saya contohkan.

Otomatis, karena saya mengajar di esde, dimana siswa-siswinya masih dalam tahapan dasar pemahaman bahasa Indonesia, jadi mau tidak mau dan suka tidak suka, saya juga harus mengetahui kosa kata yang tepat dari bahasa Indonesia.

Misalnya : apotek, bukan apotik; telur, bukan telor, dan lain sebagainya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online atau disingkat KBBI Online menjadi andalan saya supaya saya memberikan arti yang standar dan benar kepada peserta didik.

Nah, setelah salah satu penggunaan kata 'dimanfaatkan' dulu yang mengganjal di hati saya (Anda bisa membacanya disini), ada dua kelompok kata lagi yang mengganggu benak saya.

Dua kelompok kata itu yaitu ' Duduk Manis' dan 'Terima Beres'.

Mari kita bahas satu per satu ^_^.

'Duduk Manis'

Sebenarnya 'Duduk Manis' ini sudah tidak asing lagi di telinga saya.

Malah saya praktekkan di dalam kelas ^_^.

"Lho, kok bisa?" mungkin itu pikiran Anda ^_^.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun