Mohon tunggu...
Halida ZahraBalqis
Halida ZahraBalqis Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Akun ini dibuat untuk menjadikan sarana edukasi kegiatan KKN Tematik UPI 2021

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021: Dampak dan Kendala Pembelajaran Daring

27 Juli 2021   09:00 Diperbarui: 27 Juli 2021   09:13 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pandemi covid-19 yang melanda Indonesia di awal tahun 2020 membawa masyarakat Indonesia pada masa-masa yang sulit. Munculnya varian baru Covid-19 di Indonesia yang dikenal sebagai varian Delta sejak Juni 2021, pemerintah Indonesia mengambil tindakan dengan memberlakukan PPKM atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. 

Semua lini kehidupan dipaksa untuk beradaptasi dan berimprovisasi, tidak terkecuali di sektor pendidikan. Pembelajaran saat ini dilakukan dengan sistem daring (online) dengan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ). 

Para peserta didik harus melaksanakan kegiatan belajar dari rumah dengan mengikuti pembelajaran dari guru yang didampingi oleh orang tua masing-masing secara langsung. Orang tua turut bertanggung jawab langsung bagi terlaksananya pembelajaran yang efektif bagi anaknya, terutama selama proses belajar dari rumah.

Perubahan yang terjadi secara cepat akibat adanya pandemi Covid-19 membuat semua orang dipaksa untuk melek teknologi, karena penggunaan teknologi menjadi satu-satunya jembatan yang menghubungkan pendidik dengan peserta didik dalam pembelajaran daring. Kenyataan di lapangan banyak sekali keterbatasan yang menjadi kendala atas terhambatnya kegiatan pembelajaran daring ini. 

Adanya keterbatasan ilmu terhadap teknologi hingga keterbatasan materi yang dialami oleh tenaga pendidik maupun peserta didik menjadi benteng pengahalang yang harus diruntuhkan. Hal ini menjadi tantangan bagi seluruh pelaku di bidang pendidikan, khususnya mahapeserta didik sebagai agen perubahan untuk mengkaji guna mencari solusi kelancaran pembelajaran daring.

Pendidik merasa kaget karena harus mengubah sistem, silabus dan proses belajar secara cepat. Peserta didik terbata-bata karena mendapat tumpukan tugas selama belajar dari rumah. Sementara, orang tua peserta didik merasa stress ketika mendampingi proses pembelajaran dengan tugas-tugas, di samping harus memikirkan keberlangsungan hidup dan pekerjaan masing-masing di tengah krisis. Jadi, kendala-kendala itu menjadi catatan penting dari dunia pendidikan kita yang harus mengejar pembelajaran daring secara cepat. 

Padahal, secara teknis dan sistem belum semuanya siap. Selama ini pembelajaran online hanya sebagai konsep, sebagai perangkat teknis, belum sebagai cara berpikir, sebagai paradigma pembelajaran. 

Padahal,  pembelajaran online bukan metode untuk mengubah belajar tatap muka dengan aplikasi digital, bukan pula membebani peserta didik dengan tugas yang bertumpuk setiap hari. Pembelajaran secara online harusnya mendorong peserta didik menjadi kreatif mengakses sebanyak mungkin sumber pengetahuan, menghasilkan karya, mengasah wawasan dan ujungnya membentuk peserta didik menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Dampak bagi keberlangsungan pendidikan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 ini diantaranya adalah dampak jangka pendek, yang dirasakan oleh banyak keluarga di Indonesia baik di kota maupun di desa. 

Di Indonesia banyak keluarga yang kurang familier melakukan sekolah di rumah. Bersekolah di rumah bagi keluarga Indonesia adalah kejutan besar khususnya bagi produktivitas orang tua yang biasanya sibuk dengan pekerjaannya di luar rumah. Demikian juga dengan problem psikologis anak-anak peserta didik yang terbiasa belajar bertatap muka langsung dengan guru-guru mereka. Seluruh elemen pendidikan secara kehidupan sosial “terpapar” sakit karena covid-19.

Pelaksanaan pengajaran berlangsung dengan cara online. Proses ini berjalan pada skala yang belum pernah terukur dan teruji sebab belum pernah terjadi sebelumnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun