Mohon tunggu...
Ahmad Syaihu
Ahmad Syaihu Mohon Tunggu... Guru - Guru di MTsN 4 Kota Surabaya sejak tahun 2001
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Suka membaca dan menulis apa saja untuk dibagikan kepada orang lain dengan harapan bisa memahami dan mengerti kalau mau menerapkan apa yang ditulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Membuat Proyek dalam Pembelajaran

22 September 2022   13:07 Diperbarui: 22 September 2022   13:14 541 11 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Siswa kelas 7C sedang mmengerjakan proyek dalam pembelajaran IPS (dokpri)

Hari ini penulis mengajar mapel IPS di tiga kelas yaitu 7C pada jam 1-2, 7H jam 3-4 dan kelas 7G pada jam 5-6 dengan materiTema 2 Pengenalan Lingkungan..

Penulis sengaja merancang pembelajaran untuk tema 2 ini dengan proyek pembuatan game edukasi, akhirnya penulis membagi kelas yang berjumlah 32 siswa menjadi 5 kelompok sesuai dengan subtema pada tema 2.

Tiap kelompok akan membuat Game edukasi yang mana dalam permainan yang akan dibuat mereka akan belajar dan membahas materi lewat pertanyaan-pertanyaan yang mereka siapkan dalam game edukasi nantinya.

Setiap anggota kelompok menyiapkan 7 pertanyaan yang berbeda dengan anggota kelompok lainnya sehingga akan terkumpul 42 pertanyaan yang akan mereka gunakan sebagai bahan atau pertanyaan dalam permainan yang mereka rancang bersama dengan kelompoknya.

Suasana diskusi dan belajar kelompok membikin proyek kelas 7H (dokpri)
Suasana diskusi dan belajar kelompok membikin proyek kelas 7H (dokpri)

Setelah masing-masing kelompok duduk dalam lingkaran kelompoknya, ketua kelompok membagikan sub tema untuk masing-masing anggota untuk dibuatkan pertanyaan sekaligus kunci jawaban dari pertanyaan yang mereka siapkan.

Canda tawa dan keseruan dalam membuat proyek game edukasi baru dimulai, bagaimana hasilnya, ikuti terus reportasenya yang akan penulis muat secara berseri.

Suasana berbeda dengan kelas 7G yang membuat proyek game edukasi, meski suasana sedang kurang bersahabat karena sudah siang dan banyak yang lelah, namun dengan belajar dan bekerja bersama suasana berubah menjadi cair, seru dan menyenangkan.

Kelas 7G seragamnya berbeda karena ini KBM hari Rabu kemarin (dokpri)
Kelas 7G seragamnya berbeda karena ini KBM hari Rabu kemarin (dokpri)

Semoga pekan depan proyek game edukasi dari masing-masing kelompok bisa diselesaikan sehingga bisa segera dimainkan oleh seluruh anggota kelompoknya.

Madrasahku, 22 September 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan