Mohon tunggu...
Hairiah
Hairiah Mohon Tunggu... Pramugari - Penyuka rangkaian kata yang membuat pikiran bisa berkelana

Penikmat Hidup yang Selalu Berusaha Hidup dan Menghidupkan Hidup

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Rencana Staycationku, Liburan Singkat Penghilang Mumet!

31 Maret 2020   21:58 Diperbarui: 31 Maret 2020   22:23 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Setelah penat dengan pekerjaan dan banyak target tahunan yang harus diselesaikan serta ditambah adanya hambatan virus corona, liburan sebentar sembari kerja disaat nanti keadaan mulai membaik dan normal menjadi pilihan yang akan aku lakukan. Tidak usah jauh, yang penting hanya quitting time sebentar dari aktivitas bekerja yang biasa di kantor ataupun di rumah seperti sekarang. Wilayah Jabodetabek menjadi wilayah yang pengen aku jelajahi lebih dulu karena aku baru satu tahun lebih dua bulan tinggal dan bekerja di Jakarta.

Suasana ibukota yang lazimnya ramai, mendadak sepi dan seperti kota mati membuat aku merasa stres tidak karuan. Ditambah berita banyaknya orang yang terinfeksi virus ini. Sungguh memilukan!

Setahun di Jakarta, membuatku penat namun juga banyak menaruh harap karena Jakarta merupakan pusat pemerintahan dan bisnis sehingga banyak peluang di sana. Tetapi, karena belum banyak tahu tentang transportasi publik ditambah perlunya aku untuk bekerja dan fokus belajar guna mengambil tes untuk lanjut pendidikan yang rencananya di luar negeri, membuatku tidak pernah menikmati liburan. Bahkan Ancol yang terkenal pun aku belum pernah. Namun, tahun ini sebelum 2020 berakhir, aku memiliki rencana untuk pergi menjelajah wilayah yang terintegrasi dengan Jakarta atau yang lebih dikenal dengan Jabodetabek.
Dari hasil penjelajahan internet, aku menemukan hotel budgeting yang murah dengan pelayanan yang ramah yaitu Cordex Ancol Jakarta. Hanya kurang dari 3 km saja dari Taman Impian Jaya Ancol ataupun dekat dengan Kepulauan Seribu. Kepulauan ini tidak asing bagiku karena sering aku dengar di TV dulu karena sering diberitakan.  

Selain dua tempat tersebut, beberapa museum bersejarah serta Kota Tua yang pernah didaftarkan jadi warisan dunia juga gampang ditempuh dari hotel ini. Wah, bisa jadi salah satu tempat staycation yang asik nih. Begitu bayanganku.

Tidak hanya Cordex Ancol, aku juga menemukan hotel budgetable lainnya dan letaknya lebih ke pusat kota, daerah Senen. Nama hotel itu yaitu Cordela Hotel Senen. Yup, dekat dengan Pasar Senen atau pun tempat lainnya seperti Stasiun Kereta Senen atau Terminal Senen. Oh ya, dekat juga dengan Jakarta Planetarium, Atrium Plaza, Stasiun Gambir, dan masih banyak tempat lainnya. 

Berikutnya, aku pengen banget ke Bogor. Yah kemana lagi kalau bukan pergi ke puncak. Kawasan yang sangat terkenal di daerah Bogor. 

Di Bogor, aku berangan untuk menikmati alam dan menciumi bau udara segar yang menjadi semacam aromaterapi tersendiri yang menenangkan. Aku pengen banget eksplor berbagai tempat wisata alammya juga seperti Curug Luhur, Taman Safari, Taman Sentul dan Jungleland, melakukan outbond dan memanjakan mata dengan melihat gunung Cimory.

Agar liburan nyaman di Bogor, menginap di vila merupakan anganku yang semoga tahun ini kesampaian. Aku ingin melepas penat, menenangkan diri, dan menghilangkan anxiety pasca wabah penyakit ini. Di puncak Bogor, aku pengen banget benar-benar merasakan liburan yang nyaman. Sehingga menyewa vila akan menjadi pilihanku. Berdasarkan informasi yang aku dapatkan, Alfa Resort Puncak, bisa menjadi pilihan karena vila ini memiliki harga yang masuk akal dan fasilitas yang nyaman. Yah, walaupun jujur sih, menyewa vila memang agak merogoh kocek juga. Tapi jika dilihat dari ulasan dan fasilitas yang ditawarkan sepertinya worth it kok.

Selepas menjelajah Jabodetabek atau tepatnya daerah tujuan yang bisa dicapai dengan kereta, aku juga sebenarnya punya angan buat melipir ke Jogja. Hal ini awalnya dipicu dari bertemunya aku dengan dua orang bule backpacker yang akhirnya jadi teman dan sekaligus seperti tour guide buat mereka. Aku menemani dua orang itu membeli tiket kereta ke Jogja di Stasiun Pasar Senen. Wah, jiwa ketakutan untuk melakukan perjalanan solo semakin tertekan dan jiwa pertualangan semakin meronta ingin keluar dari zona biasa. Lebih lagi, salah satu dari dua bule backpacker itu cewek dan terlihat sangat kuat nan mandiri. Aku diajak mereka untuk bergabung, liburan bareng. Tapi, apalah daya saat itu aku masih ada jadwal tes di Jakarta.

Singkat cerita, sejak bertemu dengan bule backpacker tersebut akhirnya aku sekarang semakin semangat untuk bekerja keras biar bisa liburan. Untuk hemat, hotel budgeting tetap jadi pilihan. Hotel Cordela Kartika Dewi, dari hasil penelusuran secara virtual merupakan hotel yang cukup recommended karena dekat dengan stasiun tujuan di Jogja. Jadi, dari Stasiun Gambir atau Senen terus di Jogja berhenti di Stasiun tugu. Nah, hotel ini dekat dengan Stasiun Tugu.

Hotel ini juga dekat dengan berbagai tempat menarik wisata seperti Tugu Jogja, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, dan jalan legendaris nan famous, Malioboro. Ditambah, dari ulasan salah satu pengguna hotel ini di aplikasi travel, hotel ini memiliki view bagus yang menghadap gunung Merapi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun